Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Data Ekonomi AS Positif, Isu Tapering Off The Fed Menguat, Waspada Kurs Rupiah Jeblok!

Jumat, 13 Agustus 2021 – 13:12 WIB
Data Ekonomi AS Positif, Isu Tapering Off The Fed Menguat, Waspada Kurs Rupiah Jeblok! - JPNN.COM
Analis Pasar Uang Bank Mandiri Rully Arya menyatakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (13/8) berpotensi terkoreksi. Ilustrasi rupiah dan dolar. Foto: dok. JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Analis Pasar Uang Bank Mandiri Rully Arya menyatakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (13/8) berpotensi terkoreksi.

Pasalnya, data ekonomi Amerika Serikat (AS) semakin positif.

Rupiah dibuka menguat tipis satu poin atau 0,01 persen ke posisi Rp 14.382 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.383 per USD.

"Akhir pekan ini sepertinya rupiah akan melemah karena kecenderungan penguatan USD. Indeks USD masih tinggi sedikit di bawah 93," kata Marully, di Jakarta, Jumat (13/8).

Menurut Rully, penguatan tersebut terutama karena memang data ekonomi AS cukup positif dan optimisme masih sangat tinggi, meski ada peningkatan Covid-19 dari varian Delta.

Vaksinasi di Negeri Paman Sam itu dinilai sudah cukup baik dan pandemi masih relatif terkendali.

"Data-data yang telah keluar saya rasa sudah cukup diantisipasi oleh The Fed dan cepat atau lambat pasti akan melakukan tapering," ujar Rully.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Kamis (12/8) bahwa klaim pengangguran sedikit menurun menjadi sebanyak 375 ribu klaim pada pekan lalu, lebih rendah dari konsensus 387 ribu.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri Rully Arya menyatakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (13/8) berpotensi terkoreksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close