Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Data Honorer K2 Palsu, Kada Terancam Pidana

Kamis, 20 Februari 2014 – 16:39 WIB
Data Honorer K2 Palsu, Kada Terancam Pidana - JPNN.COM
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno. Foto: Humas BKN/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengingatkan para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) agar tidak gegabah dalam mengusulkan pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) untuk honorer K2 yang lulus seleksi.

Jika ternyata data yang diusulkan terbukti palsu, maka PPK bisa dikenai hukuman pidana. Seperti diketahui, PPK untuk tingkat provinsi adalah gubernur, untuk kabupaten/kota adalah bupati/walikota.

"Jika PPK terbukti mengusulkan honorer tidak sesuai kriteria yang ditetapkan dalam PP Nomor 56/2012 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 48/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dapat terancam sanksi administrasi maupun pidana. Ini sesuai Surat Edaran Menpan & RB Nomor 05 Tahun 2010,” tegas Eko Sutrisno dalam keterangan persnya yang diterima JPNN, Kamis (20/2).

Eko Sutrisno menjelaskan bahwa data honorer K2 dimaksud meliputi: SK Pengangkatan yang ditandatangani pejabat berwenang, berusia maksimal 46 tahun dan minimal 19  tahun per 1 Januari 2006, memiliki masa kerja sebagai honorer paling sedikit 1 satu tahun per 31 Desember 2005 dan masih bekerja hingga pengangkatan CPNS, penghasilannya dibiayai dari Non-APBN/APBD, dan bekerja pada instansi pemerintah.

“Apabila salah satu syarat saja tidak dipenuhi, maka BKN tidak akan menetapkan NIP sehingga yang bersangkutan tidak dapat diangkat sebagai CPNS,” kata Eko. (sam/jpnn)

 

JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengingatkan para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) agar tidak gegabah dalam mengusulkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA