Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Defisit APBN 2009 Bisa Meningkat

Jumat, 12 Desember 2008 – 07:13 WIB
Defisit APBN 2009 Bisa Meningkat - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk lebih melonggarkan APBN 2009. Guna mengakomodasi program yang menyerap banyak tenaga kerja dan mengurangi PHK, defisit APBN bisa ditingkatkan. Penambahan defisit juga mungkin terjadi jika target penerimaan tidak tercapai akibat perlambatan ekonomi.

''Kemungkinan itu tidak kita anulir. Kita akan lihat situasi dan suasana pada 2009,'' kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Kamis (11/12).

Menkeu mengatakan, jika ada program baru yang dapat efektif menyerap tenaga kerja, hal itu harus menjadi prioritas. Sebab, tiap tahun butuh tambahan sedikitnya dua juta lapangan kerja. Program baru yang lebih efektif diharapkan melengkapi yang ada, seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kemungkinan defisit lebih lebar juga terjadi jika penerimaan negara tidak mencapai sasaran akibat perlambatan ekonomi. Jika kondisi ekonomi berubah signifikan dibandingkan asumsi yang ditetapkan, pemerintah bisa mengubah struktur APBN dengan persetujuan DPR.

JAKARTA - Pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk lebih melonggarkan APBN 2009. Guna mengakomodasi program yang menyerap banyak tenaga kerja dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA