Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Defy Indiyanto Ajak Generasi Milenial Berani Melakukan Perubahan

Sabtu, 28 Desember 2019 – 12:35 WIB
Defy Indiyanto Ajak Generasi Milenial Berani Melakukan Perubahan - JPNN.COM
Komisaris PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Defy Indiyanto Budiarto saat memberikan kuliah umum bertema “Kepemimpinan Kaum Muda di Era Milenial” di Kampus UMJ, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Foto: Humas UMJ for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan muda dituntut untuk memiliki keberanian baik dalam bertindak, berbuat, dan berani melakukan perubahan. Selain itu, generasi milenial juga harus berani membuat keputusan, berinovasi, jujur, dan berani bermimpi tinggi serta menghilangkan pikiran negatif.

Hal tersebut disampaikan Komisaris PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Defy Indiyanto Budiarto saat memberikan kuliah umum bertema “Kepemimpinan Kaum Muda di Era Milenial” yang digelar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) di Kampus UMJ, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Defy menceritakan lembaran sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya kalangan pemuda dimulai dari Kebangkitan Budi Utomo tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928 hingga penurunan paksa rezim Orde Baru pada 1998.

Di era saat ini, menurut Defy, cukup banyak pemimpin muda atau kalangan milenial yang menempati posisi startegis baik di dalam maupun luar negeri. Di negara tetangga Malaysia, misalnya, jabatan Menpora dipercayakan kepada Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang saat diangkat dua tahun lalu baru berumur 25 tahun. Begitu pula Sebastian Kurz yang kini berusia 33 tahun, menjadi Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi Austria sejak 2013 silam.

Kim Jong Un pun demikian, diangkat sebagai Pimpinan Tertinggi Korea Utara ketika masih berusia 28 tahun. Termasuk milenial perempuan pun sudah bisa mendapatkan posisi tinggi, seperti Sanna Marin yang menjadi Perdana Menteri Finlandia pada usia 34 tahun.

“Di era Presiden Jokowi, peluang para milenial untuk menempati posisi strategis terbuka sangat lebar. Presiden Jokowi percaya bahwa para milenial memiliki ide-ide cerdas, bisa mendobrak, melakukan perubahan yang lebih baik, memiliki keberanian dan pekerja keras. Banyak posisi strategis di era Presiden Jokowi ini ditempatin oleh para milenial," tuturnya.

Defy pun menceritakan dirinya ketika diangkat sebagai Komisaris PJB, anak perusahaan PLN Group, usianya baru 36 tahun. “Dan ini, saya mendapatkan tidak mudah. Saya memerlukan waktu sekitar 1,5 tahun dengan berbagai tahapan saya lalui. Di usia 35 tahun, saya mendapatkan surat dari Kementerian BUMN untuk mengikuti assessement test calon direksi BUMN. Setelah jadi komisaris, saya membuktikan jika saya mampu dan bisa bekerja dengan baik," tuturnya.

Pada usia 37 tahun, Defy berhasil mendapatkan Certified Risk Governance Professional (CRGP). "Ini sesuatu yang tidak mudah didapatkan. Saya juga dipercaya sebagai Ketua Komite Sumber Daya Manusia Organisasi (SDMO) dan Wakil Ketua Komite Audit," urainya.

Kalangan muda dituntut untuk memiliki keberanian baik dalam bertindak, berbuat, dan berani melakukan perubahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close