Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Deka Kurniawan: Hak-Hak Disabilitas Harus Dipenuhi

Rabu, 11 September 2024 – 23:20 WIB
Deka Kurniawan: Hak-Hak Disabilitas Harus Dipenuhi - JPNN.COM
Bachtiar (perwakilan Jurnalis Kreatif), Dr. Anies Lastiati, MHRM., M.Ed. St., CA. (Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi Jakarta), Deka Kurniawan (Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas) mengangkat jari kelingking sebagai simbol inklusi, seusai seminar “Kita Inklusi, Kita Berprestasi" di Universitas Trilogi, Jakarta, Rabu (11/9). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) Deka Kurniawan mendorong semua elemen masyarakat tak mengasihani penyandang disabilitas hingga memberikan previlige yang justru membatasi hak mereka.

Menurut Deka, saat ini hukum internasional telah menjadikan paradigma terhadap disabilitas berubah, dari sebelumnya charity base atau berbasis belas kasih menjadi right base, yaitu pemenuhan hak.

Deka menjelaskan paradigma charity membuat penyandang disabilitas seakan-akan sosok tidak berdaya.

“Tidak mampu, sehingga diberikan previlage, tetapi justru merugikan, enggak boleh ngapa-ngapain, enggak boleh dikasih kesempatan karena memandang disabilitas, padahal, punya hak yang sama,” papar Deka dalam seminar “Kita Inklusi, Kita Berprestasi” yang diselenggarakan Universitas Trilogi, Jakarta, berkolaborasi dengan Jurnalis Kreatif dan lembaga riset IDP-LP di Atrium Universitas Trilogi, Jakarta, Rabu (11/9).

Deka di hadapan sekitar 800 mahasiswa baru Universitas Trilogi, yang mengikuti seminar itu menekankan bahwa charity base berdasarkan belas kasih dan kemampuan.

Sebaliknya, lanjut dia, right base mewajibkan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam kondisi apa pun.

“Kalau charity base itu bisa membantu, ya, membantu. Sama kayak sedekah, kalau kita punya uang bisa sedekah, itu charity base. Akan tetapi, kalau right base, kita punya uang, kita enggak punya uang, kita mampu atau enggak mampu, kita harus memberikan apa yang menjadi haknya," katanya.

"Harus disediakan apa yang menjadi kebutuhannya. Harus diatasi apa yang menjadi hambatan dan kendalanya,” tambahnya.

Wakil Ketua KND Deka Kurniawan mendorong semua elemen masyarakat memenuhi hak-hak disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA