Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dekati Taliban, China Ternyata Incar Tambang Afghanistan

Senin, 13 September 2021 – 19:36 WIB
Dekati Taliban, China Ternyata Incar Tambang Afghanistan - JPNN.COM
Ilustrasi tambang tembaga. Foto: ANTARA/Reuters

jpnn.com, BEIJING - Jiangxi Copper Co Ltd China mengatakan pada Senin bahwa pihaknya dan Metallurgical Corp of China (MCC) sedang memantau situasi di Afghanistan dan akan maju bekerja sama dengan tambang tembaga Mes Aynak jika memungkinkan.

Jiangxi dan MCC menyewa 30 tahun untuk tambang itu pada 2008, yang diperkirakan memiliki cadangan 11,08 juta ton tembaga. Jiangxi Copper memegang 25 persen saham dalam proyek tersebut.

"Karena situasi yang tidak stabil di Afghanistan, tambang tembaga Mes Aynak yang diinvestasikan oleh perusahaan belum mengalami konstruksi substansial," kata Zheng Gaoqing, pemimpin Jiangxi Copper, dalam pengarahan daring.

Perusahaan itu akan memantau situasi dan mendorong pembangunan proyek jika memungkinkan, katanya.

Taliban menguasai Afghanistan bulan lalu, menggulingkan pemerintah dukungan AS ketika pasukan internasional mundur dari negara itu setelah misi 20 tahun.

Mes Aynak, sekitar 40 km tenggara ibu kota, Kabul, juga merupakan situs reruntuhan Buddha kuno dan para pegiat menyerukan pelestariannya.

Sementara itu, Jiangxi juga memprioritaskan perolehan sumber daya sebagai strategi utamanya dan akan mencari tambang secara global untuk peluang investasi, menurut Zheng.

"Kenaikan harga tembaga telah membawa manfaat langsung bagi bijih perusahaan itu sendiri," kata Zheng, seraya menambahkan bahwa dia memperkirakan harga tembaga akan tetap pada level tinggi mengingat prospek optimistis untuk tenaga surya dan konsumsi energi baru.

Naiknya Taliban ke puncak kekuasaan membuka peluang bagi perusahaan China untuk menguasai sumber daya alam Afghanistan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close