Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Delapan Parpol Gelar Forum Tandingan

Selasa, 07 April 2009 – 15:26 WIB
Delapan Parpol Gelar Forum Tandingan - JPNN.COM
JAKARTA - Pengelompokan sejumlah partai semakin gamblang dipertontonkan menjelang 9 April 2009. Setelah pada Senin (6/4), Sekretaris Jenderal (Sekjen) dari 14 partai yang dimotori Sekjen Partai Golkar Soemarsono dan Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung menggelar pertemuan, giliran delapan partai mengadakan acara serupa pada Selasa (7/4). Menariknya, acara yang digelar di Hotel Sahid Jaya, Jakarta ini, dihadiri pimpinan partai yang selama ini dikenal dekat dengan Partai Demokrat.

Delapan partai yang sepakat menggalang kerjasama mengamankan pelaksanaan pemilu itu adalah Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Pelopor. Seperti dijelaskan oleh Ketua Umum PD, Hadi Utomo, pertemuan lintas partai ini digelar guna membuat kesepakatan untuk saling membantu mengamankan pemilu.

"Bentuk kerjasamanya misalnya dalam pengadaan saksi penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jadi, kerjasama lintas partai ini akan dititikberatkan pada pengamanan TPS," terang Hadi usai penandatanganan kesepakatan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Kelompok partai itu juga membuat kesepakatan yang sifatnya antisipasi, bila ada gugatan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka menyatakan siap menyampaikan data-data yang akurat untuk proses pembuktian di MK. Sementara, di tingkat lapangan, mereka juga menyepakati akan segera membuat laporan ke Panwas bila menemukan indikasi tindak pidana politik uang (money politics). "Laporan bisa dilakukan bersama-sama oleh partai yang hadir di sini, atau sendiri-sendiri," ujar Hadi Utomo.

JAKARTA - Pengelompokan sejumlah partai semakin gamblang dipertontonkan menjelang 9 April 2009. Setelah pada Senin (6/4), Sekretaris Jenderal (Sekjen)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA