Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demi Perbaiki Hubungan, Menlu Amerika Temui Xi Jinping di Beijing

Senin, 19 Juni 2023 – 21:18 WIB
Demi Perbaiki Hubungan, Menlu Amerika Temui Xi Jinping di Beijing - JPNN.COM
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Senin (19/6).

Kunjungan anak buah Presiden Joe Biden tersebut dalam rangka memulihkan jalur komunikasi antara Amerika Serikat dan China.

Sebelum bertemu dengan Xi, Blinken telah bertemu dengan Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Qin Gang, dan diplomat senior Wang Yi.

Blinken mengatakan bahwa AS dan China memiliki kewajiban dan tanggung jawab mengelola hubungan kedua negara "demi kepentingan Amerika Serikat, kepentingan China, dan kepentingan dunia," kata Departemen Luar Negeri AS dalam transkrip resmi yang dirilis hari ini.

"Selama beberapa hari terakhir saya melakukan percakapan yang jujur dan konstruktif dengan Penasihat Negara Qin Gang dan Direktur Wang Yi. Kami membahas berbagai isu bilateral dan global. Saya menghargai kesempatan ini untuk mendiskusikan jalan ke depan dengan Anda (Xi)," kata Blinken.

Sementara itu, Xi menyatakan China sepakat menindaklanjuti pemahaman bersama yang telah disepakati antara dia dan Biden dalam pertemuan G20 di Bali, November lalu.

Menurut Xi, setiap interaksi harus selalu didasarkan pada rasa saling menghormati dan tulus. Dia berharap kunjungan Blinken ke Beijing dapat memberikan kontribusi positif untuk menstabilkan hubungan China dan AS.

Kunjungan Blinken ke China dilakukan di tengah hubungan yang semakin tegang antara Washington dan Beijing, terutama setelah insiden balon mata-mata China yang melintasi wilayah udara Amerika Serikat.

Sebelum bertemu dengan Xi, Blinken telah bertemu dengan Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Qin Gang, dan diplomat senior Wang Yi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close