Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demo, Tuntut Keadilan bagi Warga Sipil Yaman

Jumat, 29 April 2011 – 15:52 WIB
Demo, Tuntut Keadilan bagi Warga Sipil Yaman - JPNN.COM
SANA'A - Gelombang unjuk rasa prodemokrasi masih bergulir di Yaman. Kemarin (28/4) puluhan ribu pengunjuk rasa memadati jalan-jalan utama di republik Timur Tengah tersebut. Selain meminta keadilan terkait tewasnya 12 demonstran pada Rabu lalu (27/4), mereka tetap membawa tuntutan yang sama. Yakni, pengunduran diri Presiden Ali Abdullah Saleh.

Di sepanjang jalan, pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan anti pemerintah. Mereka juga menuding rezim Saleh telah membantai warga sipil secara brutal. Khususnya, para aktivis prodemokrasi. Pada Rabu lalu, pasukan pemerintah dengan dukungan penembak jitu melepaskan tembakan ke arah sekitar 100.000 warga di Kota Sana?a. Sedikitnya 12 tewas dan sekitar 190 lainnya terluka.

Tentara dan loyalis Saleh tidak hanya bersenjata senapan otomatis. Sejumlah saksi mata mengaku melihat pasukan pemerintah menusukkan belati kepada demonstran. Selain 13 orang yang tewas dalam bentrok di ibu kota, kemarin seorang warga lainnya di wilayah selatan dilaporkan tewas akibat luka yang dideritanya. Konon, sejumlah demonstran propemerintah juga terluka dalam kerusuhan di Sana?a.

"Ini adalah pembantaian. Sebuah kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan rezim Saleh," tegas seorang juru bicara (jubir) Forum Bersama (Common Forum), koalisi kelompok oposisi Yaman, kemarin. Mereka menilai Saleh secara sengaja menindas oposisi untuk menggagalkan skenario transisi yang sudah dikonsep bersama oleh negara-negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC). 

SANA'A - Gelombang unjuk rasa prodemokrasi masih bergulir di Yaman. Kemarin (28/4) puluhan ribu pengunjuk rasa memadati jalan-jalan utama di republik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close