Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demonstrasi di Arab Saudi Tak Ganggu Ibadah Haji

Sabtu, 08 Oktober 2011 – 19:29 WIB
Demonstrasi di Arab Saudi Tak Ganggu Ibadah Haji - JPNN.COM
JAKARTA - Memanasnya suhu politik di Arab Saudi yang berlangsung pada awal Oktober ternyata tak berlangsung lama. Demonstrasi berujung kerusuhan yang terjadi di Kota Al Awamiyah, Provinsi Al Qatif tersebut pun tak sampai menggangu penyelenggaraan ibadah haji.

"Para keluarga tamu Allah (jamaah haji, Red) tidak perlu cemas karena situasi Mekkah dan Madinah sepenuhnya aman. Isu demo rusuh sudah ada sejak jauh sebelum puasa.  Walaupun sempat terjadi demo tapi hanya diikuti sangat sedikit demonstran dari kalangan Saudi Syiah yang meminta persamaan hak," ujar Korwil PDI Perjuangan Arab Saudi, Syarief Rachmat kepada JPNN, Sabtu (8/10).

Diterang Syarief yang lama berdomisili di Jeddah ini, adanya pemberitaan mengenai kemungkinan adanya revolusi di Arab Saudi tidak tepat. Yang terjadi, lanjut dia, adalah tuntutan hak perempuan Arab Saudi dalam beberapa bidang.

"Tampaknya revolusi di negara-negara Arab lainnya seperti Mesir, Libya, dan Yaman justru menginspirasi para perempuan Saudi untuk menuntut haknya," terangnya.

Setidaknya ada dua tuntutan yang disuarakan perempuan di negara kaya minyak tersebut. Pertama adalah hak memberikan suara dalam pemilu dan jatah kursi di dewan syuro. Tuntutan ini sudah disetujui.

JAKARTA - Memanasnya suhu politik di Arab Saudi yang berlangsung pada awal Oktober ternyata tak berlangsung lama. Demonstrasi berujung kerusuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA