Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dengarkan Keluhan Para Dalang Wayang, Menko Airlangga Bilang Begini

Minggu, 20 Februari 2022 – 14:31 WIB
Dengarkan Keluhan Para Dalang Wayang, Menko Airlangga Bilang Begini - JPNN.COM
Menko Airlangga Hartarto. Foto dok Biro Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara khusus menjadwalkan pertemuan dengan Persatuan Dalang Indonesia (PEPADI) di Surabaya, Sabtu (19/2).

Tujuannya untuk mendengarkan secara langsung kondisi pertunjukan seni wayang dan masukan dari para dalang, termasuk kendala berkurangnya jumlah penanggap dan penonton wayang.

Selama berlangsungnya pandemi Covid-19, pertunjukkan seni wayang dan industri terkait seni wayang terdampak dan belum bisa kembali normal.

Pada kesempatan tersebut, para dalang berharap adanya kebijakan pemerintah yang berpihak kepada upaya memajukan seni budaya, khususnya budaya wayang.

Terlebih, banyak tenaga kerja yang terlibat, termasuk di antaranya pekerja industri gamelan dan industri wisata.

Menanggapi cerita para dalang, Airlangga menuturkan dalam situasi pandemi memang sangat menekan seni pertunjukan.

“Jika protokol kesehatan bisa dijaga, pemerintah akan terus dorong seni pertunjukkan ini berjalan terutama jika situasi PPKM sampai dengan level 2,” ujar Airlangga.

Selain itu, seni pertunjukkan wayang juga akan didorong ke Kemendikbud Ristek karena untuk pelestarian dan pengembangan wayang diperlukan penguatan melalui pendidikan dalam hal pembelajaran tari-tarian, gamelan, dan bahasa.

Selama berlangsungnya pandemi Covid-19, pertunjukkan seni wayang dan industri terkait seni wayang terdampak dan belum bisa kembali normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close