Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Denmark Latih Pilot Ukraina Cara Membantai Pasukan Rusia dengan F-16

Rabu, 28 Juni 2023 – 04:25 WIB
Denmark Latih Pilot Ukraina Cara Membantai Pasukan Rusia dengan F-16 - JPNN.COM
Jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat, salah satu pesawat yang diinginkan Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto: RADOSLAW JOZWIAK / AFP

jpnn.com, KOPENHAGEN - Denmark menyatakan mulai melatih pilot Ukraina dalam menerbangkan jet tempur F-16 setelah memensiunkan skuadron pesawat tempur AS tersebut lebih cepat dua tahun dari seharusnya.

Menteri Pertahanan Troels Lund Poelsen pada Selasa mengatakan negaranya memutuskan memensiunkan armada F-16 yang sudah tua karena penggantinya, yakni F-35, segera beroperasi pada 2025 atau lebih cepat dari jadwal semula pada 2027.

"Kami juga tengah mempertimbangkan apakah akan memberikan sumbangan nyata kepada Ukraina dengan pesawat tempur F-15 milik Denmark dan berapa banyak yang akan kami berikan," kata Poulsen kepada media Denmark DR.

Poulsen mengatakan negaranya "sudah mengambil langkah guna memulai latihan dan pelatihan lanjutan untuk pilot-pilot Ukraina."

Menurut dia, para pilot Ukraina ini akan menghabiskan waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk berlatih sebelum Denmark akhirnya menyerahkan sumbangan pesawat F-16.

"Ini bukan berarti Anda tak bisa membuat keputusan lebih cepat. Namun (pesawat F-16) masih akan berada di Denmark hingga 2024," tambah dia.

Denmark sudah memesan 27 unit pesawat F-35A dalam upaya menggantikan paling sedikit 30 unit F-16.

Perubahan dalam armada itu diharapkan terjadi akhir tahun ini hingga akhir 2025.

Para pilot Ukraina ini akan menghabiskan waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk berlatih sebelum Denmark akhirnya menyerahkan sumbangan pesawat F-16

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close