Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Densus 88 Ungkap Modus Kelompok Teroris JI Dalam Kumpulkan Dana, Oh Ternyata

Selasa, 09 November 2021 – 01:56 WIB
Densus 88 Ungkap Modus Kelompok Teroris JI Dalam Kumpulkan Dana, Oh Ternyata - JPNN.COM
Ilustrasi - Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror telah mengungkap modus atau cara dari kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI) dalam mencari dana.

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan salah satu caranya dengan menjual buah kurma.

Berdasar hasil pendalaman Densus 88, modal usaha untuk menjual kurma dinamakan program wakaf produktif. Organisasi menerima hibah dari perorangan yang merupakan anggota JI.

Salah satu cabang bisnis yang digunakan ialah penjualan buah kurma yang kemudian keuntungannya dimasukkan ke pendapatan Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

"Wakaf produktif kebun kurma seluas empat hektare di Lampung yang dikelola S hasil panen dimasukkan dalam hasil pendapatan ABA pusat," ujar Aswin ketika dihubungi wartawan, Senin (8/11).

Selain menjual kurma, JI juga punya donator tetap yang membantu pembiayaan organisasi. Kemudian, mereka turut mengirimkan proposal program kepada tokoh masyarakat.

Modus lainnya dengan menghimpun dana menggunakan platform internet dan mencantumkan nomor rekening di website dan blogspot yayasan.

Melalui internet, JI mempromosikan program bantuan masyarakat seperti ke Palestina hingga donasi bencana alam agar masyarakat bersedia memberikan dana sumbangan.

Densus 88 Antiteror telah mengungkap modus kelompok JI dalam menggalang dana. Salah satunya berjualan kurma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close