Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Depkes Matangkan Kebijakan Subsidi Obat

Kamis, 25 Desember 2008 – 03:25 WIB
Depkes Matangkan Kebijakan Subsidi Obat - JPNN.COM
JAKARTA – Komitmen pemerintah untuk mempertahankan harga obat agar terjangkau ternyata tidak mudah. Hal ini disebabkan karena akibat kondisi krisis finansial, produsen obat sudah ancang-ancang menaikkan harga produknya pada 2009.  Namun demikian, Departemen Kesehatan menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk mempertahankan harga obat agar tidak naik lagi dan membebani masyarakat.

Juru Bicara Departemen Kesehatan Lily Sulistyowati mengemukakan bahwa stabilitas harga obat menjadi salah satu program prioritas pemerintah pada 2009 mendatang. “Bu Menteri sudah wanti-wanti untuk tidak menaikkan harga obat. Kalau perlu disubsidi,” ujarnya di Jakarta.

Lily menjelaskan sinyal kenaikan harga obat sudah ditunjukkan oleh produsen-produsen obat yang kebanyakan mengimpor bahan bakunya. Fluktuasi rupiah serta kenaikan biaya operasional menjadi faktor utama yang mendasari kenaikan harga tersebut. “Nanti akan dipikirkan bagaimana mekanisme persisnya. Terutama menyangkut alokasi subsidi dimana itu bukan domain kita, tapi domain departemen keuangan,” sebutnya.

Kenaikan obat telah menjadi salah satu isu global di dunia kesehatan mengingat tidak ada negara yang benar-benar tidak terkena dampak dari krisis finansial global. Selain itu, untuk memastikan keterjangkauan masyarakat pemerintah juga merilis Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN). “Daftar ini yang berisikan obat terpilih yang paling dibutuhkan dan diupayakan tersedia di unit pelayanan kesehatan sesuai dengan fungsi dan tingkatnya. DOEN merupakan standar nasional untuk pelayanan kesehatan,” paparnya.

JAKARTA – Komitmen pemerintah untuk mempertahankan harga obat agar terjangkau ternyata tidak mudah. Hal ini disebabkan karena akibat kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA