Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Depkominfo Jamin Kebebasan Blogger

Sabtu, 25 Oktober 2008 – 10:30 WIB
Depkominfo Jamin Kebebasan Blogger - JPNN.COM
JAKARTA - Ada kabar melegakan bagi blogger di tanah air. Menkominfo Muhammad Nuh memastikan kasus hukum yang menimpa penulis blog atau lazim disebut blogger di Malaysia dan Singapura tak akan terjadi di Indonesia. Meski ada UU Kebebasan Informasi Publik (KIP), pemerintah menjamin kebebasan blogger dalam menulis informasi dan menyuarakan opini dalam blog.

’’Selama ditugaskan menjadi menteri, saya tak akan kontrol maupun melarang kebebasan berekspresi. Sebab, kebebasan menjadi kekuatan kita. Kalau ada yang mengadili blogger, istilahnya dia kurang kerjaan,’’ kata Nuh di Jakarta.

Kalaupun di negara tetangga terjadi penahanan blogger, Nuh minta tidak usah dikhawatirkan. Sebab, setiap negara punya kebijakannya masing-masing. Yang pasti, kata dia, Pemerintah Indonesia memandang blogger hanyalah seseorang yang ingin menyampaikan pendapat kepada publik.

’’Asalkan tulisan tersebut berbaik sangka dan dilandasi dengan etika dan

kaidah moral, saya rasa tak masalah. Selama itu tak mengajak warga untuk keluar dari koridor NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) atau tidak mengajak orang lain saling bermusuhan,’’ tegas mantan rektor ITS itu. Nuh berpendapat, blogger memiliki kontribusi positif terhadap masyarakat.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron R. Hume mengatakan, saat ini blogging telah mendunia dan diadaptasi secara lokal oleh Indonesia. Secara unik, hal itu memengaruhi media dan masyarakat. Blogging, lanjut dia, adalah bentuk kebebasan berbicara yang individualis dan egaliter.

’’Blogger memberikan masyarakat sebuah wadah untuk menyuarakan opini mereka dan memungkinkan mereka menjadi jurnalis warga, aktivis komunitas, dan juga guru. Lewat blog, masyarakat dapat memberi kontribusi yang penting bagi masyarakat dan negaranya,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, Nuh mengatakan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata membuka kesempatan bagi lima orang blogger asing yang ingin berkunjung ke tanah air dan membuat tulisan perjalanan wisata Indonesia di blog mereka. Blogger yang diundang dari Amerika Serikat, Australia, Tiongkok, Singapura, dan Malaysia. Menurut dia, para blogger nanti melakukan perjalanan wisata ke situs-situs sejarah dan kawasan wisata yang penting di daerah Bali dan Jogjakarta.

JAKARTA - Ada kabar melegakan bagi blogger di tanah air. Menkominfo Muhammad Nuh memastikan kasus hukum yang menimpa penulis blog atau lazim disebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close