Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dewas Buka Jumlah Penyadapan oleh KPK Sepanjang 2022, Sebegini Banyaknya

Senin, 09 Januari 2023 – 21:47 WIB
Dewas Buka Jumlah Penyadapan oleh KPK Sepanjang 2022, Sebegini Banyaknya - JPNN.COM
Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pemberitahuan sebanyak 1.460 penyadapan yang lembaga antirasuah itu sepanjang 2022.

Data itu disampaikan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean saat konferensi pers "Capaian dan Kinerja Dewas KPK Tahun 2022" di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK, Jakarta, Senin (9/1).

"Kami memonitor, menerima pemberitahuan penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan itu ada banyak, penyadapan itu dilaporkan oleh KPK ada 1.460," kata Tumpak.

Dewas KPK juga menerima pemberitahuan dari KPK terkait penggeledahan sebanyak 61 dan penyitaan sejumlah 340 pada tahun lalu.

"Memang setelah ada putusan MK (Mahkamah Konstitusi), kami tidak mengeluarkan izin lagi tetapi kami mendapatkan pemberitahuan dari KPK dan itu mesti diberitahukan," jelasnya.

Tumpak juga mengatakan selama 2022, Dewas KPK menerima 96 laporan dari masyarakat yang berkaitan dengan kerja-kerja lembaga yang dipimpin Firli Bahuri Cs.

Dari 96 laporan itu, kata Tumpak, ada 27 laporan telah direspons kepada pelapor, 54 diteruskan ke unit kerja terkait di KPK, dan 15 laporan diarsipkan.

Dari 96 laporan yang diterima, 26 di antaranya menjadi bahan Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) antara Dewas KPK dan pimpinan KPK.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengungkap jumlah penyadapan oleh KPK sepanjang 2022. Ada banyak komplain juga dari masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close