Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Forum ILO, Sekjen Kemnaker Paparkan Program Reformasi Sistem Jaminan Sosial

Jumat, 24 Maret 2023 – 19:03 WIB
Di Forum ILO, Sekjen Kemnaker Paparkan Program Reformasi Sistem Jaminan Sosial - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kanan) memaparkan program reformasi sistem jaminan sosial di Indonesia pada pada pertemuan mitra pembangunan program unggulan global ILO yang mengangkat 'Membangun Pelindungan Sosial untuk Semua Mitra Pembangunan 2023' di Jenewa, Jumat (24/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi memaparkan program reformasi sistem jaminan sosial di forum Organsasi Perburuhan Internasional (ILO) yang berlangsung di Jenewa, Swiss, Jumat (24/3).

Paparan tersebut berkaitan dengan kemunculan era digital ekonomi dan Revolusi Industri 4.0 yang dapat berpotensi menghilangkan pekerjaan konvensional.

Namun di sisi lain, di era digital dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, banyak bermunculan penawaran peluang pasar kerja baru yang inovatif dan kreatif.

"Seiring perkembangan teknologi yang dinamis tersebut, diperlukan penyesuaian terhadap sistem perlindungan jaminan sosial," kata Sekjen Kemnaker dalam sambutannya pada pertemuan mitra pembangunan program unggulan global ILO yang mengangkat 'Membangun Pelindungan Sosial untuk Semua Mitra Pembangunan 2023'.

Pada kesempatan ini, Indonesia dan negara-negara anggota G20 telah berkomitmen untuk mempercepat akselerasi menuju perlindungan sosial universal untuk semua pada 2030.

Komitmen tersebut sekaligus menyambut inisiatif Sekretaris Jenderal PBB sebagai akselerator global tentang pekerjaan dan perlindungan sosial guna menciptakan 400 juta pekerjaan yang layak.

Hal tersebut termasuk dalam ekonomi hijau, digitalisasi, dan memperluas cakupan perlindungan sosial untuk 4 miliar orang di dunia yang saat ini belum tercakup.

Sekjen Anwar menyebut pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui Kemnaker terus melakukan terobosan dalam mengembangkan skema pelindungan jaminan sosial untuk dapat terus melindungi pekerja Indonesia secara menyeluruh.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi memaparkan program reformasi sistem jaminan sosial menyesuaikan perkembangan teknologi yang dinamis di forum ILO

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close