Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Hadapan Santri, Ganjar Pastikan Pemberdayaan Pesantren jadi Prioritas

Minggu, 17 Desember 2023 – 19:51 WIB
Di Hadapan Santri, Ganjar Pastikan Pemberdayaan Pesantren jadi Prioritas - JPNN.COM
Capres nomor urut tiga di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo bertemu para santri di Pondok Pesantren Darussalam Timur Watucongol, Magelang. Dok: Tim media GP.

jpnn.com, MAGELANG - Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur Watucongol, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12).

Ketika berbicara di hadapan para santri, Ganjar memastikan pemberdayaan pondok pesantren menjadi prioritas bagi dia ketika memimpin Indonies nanti.

Menurut Ganjar, banyak pondok pesantren yang mengembangkan ekonomi dengan memanfaatkan potensi santri. Misalnya, peternakan, pertanian, dan juga perkebunan.

"Banyak sekali ekonomi pondok pesantren, yakni pertanian dalam arti luas. Bisa peternakan perkebunan dan pertanian itu yang paling penting," ujar Ganjar.

Ganjar menyebut keberadaan ekonomi pesantren penting untuk terus memberikan pelatihan keterampilan, sehingga banyak muncul inovasi berkelanjutan.

"Dari situlah kemudian keterampilan-keterampilan dijaga dan banyak inovasi yang muncul, yang harus difasilitasi. Pemerintah harus memfasilitasi," kata dia.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu menambahkan keberpihakannya kepada pondok pesantren bukanlah sekadar wacana. Sebab, selama menjabat gubernur Jawa Tengah dua periode, dia telah banyak melahirkan kebijakan untuk kemajuan pondok pesantren.

"Kami sudah melakukan saat masih di Jawa Tengah. Ada bantuan-bantuan yang sifatnya fisik, umpama penambahan gedung sekolah, dan juga pelatihan-pelatihan. Saya kira tinggal kita siapkan untuk seluruh Indonesia," tuturnya.

Capres nomor urut tiga di Pemilu 2024, Ganjar Pranowo berkomitmen mewujudkan pemberdayaan pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close