Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di ILC ke-111 Jenewa, Menaker Ida Paparkan Strategi Wujudkan Keadilan Sosial di Dunia Kerja

Selasa, 13 Juni 2023 – 09:38 WIB
Di ILC ke-111 Jenewa, Menaker Ida Paparkan Strategi Wujudkan Keadilan Sosial di Dunia Kerja - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-111 di Jenewa, Swiss, Selasa, (13/6) waktu setempat. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memaparkan 3 hal yang perlu diperhatikan sebagai strategi dalam mewujudkan keadilan sosial di dunia kerja.

Hal itu disampaikan Menaker Ida Fauziyah saat menyampaikan pidato nasional pada International Labour Conference (ILC) ke-111 di Jenewa, Swiss, Selasa, (13/6) waktu setempat.

Dia menyebutkan hal pertama yang harus diperhatikan adalah menekankan pentingnya akses ke pekerjaan yang penuh dan produktif serta pembelajaran sepanjang hayat.

“Saya mendorong International Labour Organization (ILO) dan anggotanya untuk mengembangkan strategi keterampilan yang kuat dan mempercepat program pendidikan dan pelatihan yang sesuai untuk masa depan,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Kedua, lanjut dia, revitalisasi lembaga pasar kerja adalah kunci dalam mengurangi ketidaksetaraan di dunia kerja.

“Perlunya dialog sosial untuk memastikan akses dan manfaat yang adil bagi pekerja rentan, seperti pekerja migran, pekerja sektor pertanian dan kesehatan, pekerja dengan disabilitas, serta pekerja perempuan dan pekerja muda,” paparnya.

Ketiga, meningkatkan kualitas dan kondisi dunia kerja melalui pelindungan pekerja dalam mendukung transisi yang berkeadilan akibat perubahan iklim.

Menaker Ida Fauziyah menekankan perlunya akses pekerja terhadap pelindungan sosial yang komprehensif melalui keterlibatan semua pemangku kepentingan dan kerja sama internasional yang lebih luas.

Menaker Ida Fauziyah memaparkan strategi mewujudkan keadilan sosial di dunia kerja saat menyampaikan pidato di ILC ke-111 Jenewa, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close