Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Warung Kopi, Mereka Merencanakan Aksi Anarkistis, Ada yang Menjadi Eksekutor

Rabu, 23 Desember 2020 – 00:41 WIB
Di Warung Kopi, Mereka Merencanakan Aksi Anarkistis, Ada yang Menjadi Eksekutor - JPNN.COM
12 tersangka (seragam biru) pelaku aksi anarkistis di kawasan industri pemurnian nikel Morosi, Kabupaten Konawe. Foto: ANTARA/Sarjono

jpnn.com, KENDARI - Polisi menyebutkan aksi unjuk rasa anarkistis 14 Desember 2020 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pemurnian nikel Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, terencana matang.

"Sesuai keterangan para saksi dan alat bukti lainnya yang dirangkum penyidik terindikasi kuat aksi anarkis di PT Virtue Dragon Nikel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) diawali dengan perencanaan yang apik," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sultra Kombes Pol Laode Aries El Fatar, Selasa (22/12).

Terkuak 12 Desember 2020 sekitar pukul 22:00 Wita bertempat di salah satu warung kopi di Unaaha, Kabupaten Konawe, digelar pertemuan membahas aksi unjuk rasa di kawasan industri permurnian nikel Morosi.

Pada 13 Desember 2020 di Kampung Jawa Kecamatan Morosi kembali digelar pertemuan untuk mematangkan rencana aksi unjuk rasa keesokan harinya, Senin 14 Desember 2020.

"Pembagian peran dibagi tuntas pada pertemuan tersebut. Secara rinci diketahui siapa bertanggung jawab apa dan melakukan apa, sehingga penyidik menduga kuat aksi anarkistis dilakukan terencana," kata Aries didampingi Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan.

Tim penyidik Ditreskrimum yang sudah memeriksa 16 orang saksi dan mengumpulkan 13 barang bukti telah menetapkan 12 orang tersangka.

Ke-12 tersangka yang intensif menjalani penyidikan di Mapolda Sultra adalah tersangka IS, RM, WP, NA, AP, KS, SP, SS, AF alias A, IR dan LN alias ST.

Sebagaimana diketahui tahap pertama penyidik menetapkan lima orang tersangka kemudian menyusul empat orang dan tiga orang, sehingga sudah berjumlah 12 orang.

Polisi menyebutkan aksi unjuk rasa anarkistis di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pemurnian nikel Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra, terencana matang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close