Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diajak Putu Rudana ke Sarinah, Ketua Parlemen Tonga Beli Batik, Lalu Makan Bebek Bali

Kamis, 01 Agustus 2024 – 20:16 WIB
Diajak Putu Rudana ke Sarinah, Ketua Parlemen Tonga Beli Batik, Lalu Makan Bebek Bali - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana bersama Ketua Parlemen Tonga Lord Fatafehi Fakafanua di Sarinah Mal. Foto: BKSAP

jpnn.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menceritakan momen dirinya mengajak sejumlah delegasi Forum Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke pusat perbelanjaan bersejarah di Jakarta, Sarinah, pada Sabtu (27/7).

Salah satu delegasi itu ialah Lord Fatafehi Fakafanua, ketua parlemen Tonga. Pada kesempatan itu, Putu menjelaskan bagaimana sejarah mal Sarinah yang diprakarsai Proklamator RI Soekarno.

Putu menjelaskan bahwa penamaan mal itu diambil dari Sarinah, sosok yang penting bagi Presiden pertama RI Soekarno karena Sarinah-lah yang mengasuh Bung Karno di masih kecil.

"Tentu, kehadiran Sarinah ini merupakan satu sejarah yang patut diketahui oleh berbagai negara, khususnya Lord Fakafanua," kata Putu Rudana dikutip dari siaran persnya, Kamis (1/8).

Menurut Putu, Sarinah mal menampilkan komitmen sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menghadirkan produk seni budaya dan hasil produksi lokal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Adapun di Sarinah dijual berbagai produk seni dan budaya, seperti kain tenun, batik, hasil kerajinan tangan, ukiran, hingga souvenir lainnya yang menunjukkan kekayaan seni budaya Indonesia.

Legislator asal Bali itu bahkan memperlihatkan produk batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia kepada para delegasi. Menurut Putu, pakaian dari batik tidak hanya dipakai tokoh-tokoh Indonesia, tetapi juga dunia, seperti Bapak Bangsa Afrika Selatan, Nelson Mandela.

"Saat itu kami melihat dan memilih batik, dia (Lord Fakafanua) juga membeli batik. Dia sungguh sangat senang karena bahan batik ini bisa digunakan di kawasan tropis termasuk di negara kepulauan Pasifik," tutur Putu menceritakan.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Rudana mengajak delegasi Forum Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke Mal Sarinah beli batik hingga makan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA