Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu BKSAP Sebut Forum Parlemen Indonesia-Pasifik Dorong Konsep Blue Economy

Sabtu, 27 Juli 2024 – 12:00 WIB
Putu BKSAP Sebut Forum Parlemen Indonesia-Pasifik Dorong Konsep Blue Economy - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana saat Sidang Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Senayan, Jakarta Pusat. Foto: BKSAP

jpnn.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyampaikan bahwa Sidang Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Senayan, Jakarta Pusat, menjadi momentum untuk mendorong konsep blue economy.

Dia mengatakan kedua negara ini merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Makanya, forum itu mengusung tema 'Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development’.

"Indonesia adalah negara kepulauan, Pasific juga negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Indonesia 2/3 wilayahnya adalah lautan. Potensi maritim, potensi dari blue economy sangat besar. Marine mega-biodiversity karena begitu luasnya," ujar Putu dikutip dari siaran pers, Sabtu (27/7).

"Kedua, segala potensi dan richness kekayaan. Keindahan alam karena laut kita sangat luar biasa kaya. Jadi, potensi pertama hubungannya dengan food security kita. Kita harus merawat laut kita, memang blue economy menjadi penting karena perikanan potensinya disitu," tuturnya.

Putu mengatakan pertanian pesisir dan potensi kepariwisataan juga penting dibuatkan format kerja sama blue economy. Dia menyebut ekonomi yang dibangun dengan konsep blue economy akan menjadi sangat luar biasa. Seba, biasanya negara yang dikelilingi oleh lautan itu sangat indah.

"Bayangkan, Indonesia memiliki Raja Ampat, Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Bali, serta pulau lainnya. Di Pasifik juga begitu indahnya. Jadi, destinasi dan potensi pariwisata begitu besar," terang Putu.

Legislator asal Bali itu menilai potensi laut juga tidak kalah pentingnya, baik dari sisi food security. Di mana laut Indonesia begitu banyak spesies ikan yang dapat dikonsumsi untuk kebutuhan food security.

"Makanya, ke depan harus dijaga keberlangsungan potensi laut kita ini,” ujar Putu Rudana.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Rudana menyebut Forum Parlemen Indonesia-Pasifik momentum mendorong konsep Blue Economy. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA