Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diancam Pemerintah, Importir India Setop Beli Sawit Malaysia

Senin, 13 Januari 2020 – 21:00 WIB
Diancam Pemerintah, Importir India Setop Beli Sawit Malaysia - JPNN.COM
Ilustrasi kelapa sawit. Foto: JPNN

jpnn.com, NEW DELHI - Importir minyak sawit di India sepakat untuk berhenti membeli produk dari Malaysia. Keputusan ini dibuat setelah adanya anjuran dari pemerintah agar mengalihkan transaksi dari negara tersebut.

Hubungan kedua negara tersebut memang merenggang setelah PM Mahathir Mohamad secara terbuka mengkritik India terkait amendemen UU Kewarganegaraan yang mendiskriminasi imigran muslim.

“Secara resmi tidak ada pelarangan terhadap minyak sawit mentah impor dari Malaysia, namun tidak ada yang membeli dari sana lagi sejak ada peringatan pemerintah,” ujar salah seorang narasumber kepada Reueters, Senin (13/1).

“Kami bisa saja mengimpor dari Malaysia, tetapi pemerintah sudah memperingatkan jangan mengeluh pada kami kalau pengiriman terhambat. Dan tidak ada yang mau hal itu terjadi,” kata seorang importir minyak sawit yang berbasis di Mumbai.

Pemerintah India sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait persoalan minyak sawit Malaysia ini.

India adalah konsumen minyak sawit terbesar di dunia. Angka konsumsi negara itu mencapai sembilan juta ton minyak sawit per tahun. Karenanya, embargo tidak resmi ini dapat menekan harga minyak sawit Malaysia yang jadi standar dunia.

Langkah India itu juga akan memberikan keuntungan bagi Indonesia yang saat ini menyandang status sebagai eksportir minyak sawit mentah terbesar di dunia.

Para importir minyak sawit kini telah mengalihkan hampir seluruh pembelian ke Indonesia, meski harus membayar harga lebih mahal USD 10 per ton. (ant/dil/jpnn)

Importir minyak sawit di India sepakat untuk berhenti membeli produk dari Malaysia. Keputusan ini dibuat setelah adanya anjuran dari pemerintah agar mengalihkan transaksi dari negara tersebut.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close