Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Didukung Kemendikbudristek & Kemendag, 5 SMK - BT Batik Trusmi Kembangkan Industri Fesyen

Senin, 18 Maret 2024 – 02:39 WIB
Didukung Kemendikbudristek & Kemendag, 5 SMK - BT Batik Trusmi Kembangkan Industri Fesyen - JPNN.COM
Didukung Kemendikbudristek & Kemendag, 5 SMK - BT Batik Trusmi berkolaborasi mengembangkan industri fesyen. Foto dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 1.130 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 10 Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dengan kompetensi keahlian atau program studi tata busana siap mengembangkan industri modest fashion. 

Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia tahun 2024.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) juga mendukung kemitraan antara DUDI dan satuan pendidikan vokasi (SPV) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara SMK dengan BT Batik Trusmi.

Kemitraan ini disambut baik oleh Direktur SMK Kemendikbduristek Wardani Sugiyanto sebagai upaya memperkuat kemitraan antara SPV degan DUDI.

“Kerja sama ini harus saling menguntungkan. Kami sangat berharap produk-produk kreatif dari anak-anak SMK ini bisa disalurkan atau diberikan jalan di arah mana perdagangan ini bisa kami putar, peluang mana yang bisa kami tangkap, " tutur Wardani, Minggu (17/3). 

Lima SMK yang menandatangani PKS dengan BT Batik Trusmi, yaitu SMKN 30 Jakarta, SMKN 32 Jakarta, SMKN 2 Cirebon, SMK Yami Waled Cirebon, dan SMK Bina Cendekia Cirebon. 

Bagi Batik Trusmi, adanya kemitraan dengan SMK menjadi sebuah peluang untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam merekrut SDM tata busana yang terampil dan kompeten. 

CEO dan Founder BT Batik Trusmi, Sally Giovanny menjelaskan, kolaborasi dengan pendidikan vokasi, khususnya SMK ini dijembatani Kemendikbudristek dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Didukung Kemendikbudristek & Kemendag, 5 SMK - BT Batik Trusmi berkolaborasi mengembangkan industri fesyen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close