Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dikti Tak Tanggung Jawab Soal Opspek ITB

Waktu Pelaksanaan Opspek Dinilai Janggal

Jumat, 13 Februari 2009 – 14:24 WIB
Dikti Tak Tanggung Jawab Soal Opspek ITB - JPNN.COM
JAKARTA - Saling lempar tanggung jawab terjadi dalam kasus tewasnya Dwiyanto, mahasiswa jurusan Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) akibat mengikuti kegiatan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (Ospek) pada 8 Februari lalu. Sama dengan sikap pihak Rektorat ITB yang menyatakan tidak bertanggung jawab, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) juga menyatakan hal yang sama. Kali ini, Muklas Samani, salah seorang Direktur di Ditjen Dikti, malah menyebut itu urusan ITB.

"Perguruan Tinggi itu kan otonom, punya otoritas mengatur kegiatan-kegiatan yang ada di kampusnya. Kalau ITB melarang kegiatan ospek, itu bagian kewenangan ITB," ulas Muklas Samani dalam diskusi bertema 'Ospek Maut Terulang Lagi' di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Jumat (13/2).

Disebutkan Muklas, pihaknya hanya mengeluarkan kebijakan yang sifatnya umum terkait dengan kegiatan ospek. Kebijakan dimaksud tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti pada tahun 2000 yang isinya melarang kegiatan opsek yang sifatnya represif atau terkandung aksi kekerasan.

Dikatakan Muklas, sebenarnya dari segi waktu saja, kegiatan ospek yang digelar mahasiswa jurusan Geodesi ITB itu sudah janggal. Ospek, mestinya dilakukan di awal-awal masuknya mahasiswa baru, yang bertujuan untuk memperkenalkan kampus dan kegiatan-kegiatan yang ada kepada mahasiswa baru. Sementara, ospek kali ini digelar bulan Februari.

JAKARTA - Saling lempar tanggung jawab terjadi dalam kasus tewasnya Dwiyanto, mahasiswa jurusan Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) akibat mengikuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close