Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dikunjungi IMF, Indonesia Tak Pastikan Pinjaman

Minggu, 08 Juli 2012 – 05:27 WIB
Dikunjungi IMF, Indonesia Tak Pastikan Pinjaman - JPNN.COM
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima kunjungan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Selasa (10/7). Namun hampir dipastikan, pemerintah Indonesia belum menyampaikan keputusan terkait rencana memberikan pinjaman USD 1 Miliar kepada IMF.

"Kalau ditanyakan (soal pinjaman), saya yakin akan ditanyakan (oleh IMF). Tapi belum ada keputusan," tutur Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah kepada Jawa Pos, kemarin (7/7). Menurutnya, saat ini presiden tengah menimbang-nimbang rencana yang disampaikan Menkeu Agus Martowardojo usai pertemuan KTT G-20 di Los Cabos, Meksiko.

Misalnya, kata dia, adalah mengenai sumber dana. Jika berasal dari APBN, maka harus melalui mekanisme konsultasi dengan DPR. "Sepertinya itu akan sulit," kata Firmanzah. Sebaliknya, jika menggunakan cadangan devisa, maka pemerintah harus melalui mekanisme konsultasi dengan Bank Indonesia.

Firmanzah menegaskan, pemerintah tidak akan terburu-terburu menentukan keputusan pemberian pinjaman kepada IMF itu. "Ini sifatnya sukarela, tidak ada kewajiban," katanya. Selain itu, dinamika pro kontra terkait rencana itu juga menjadi pertimbangan. "Ini memang isu sensitif," sambung pria yang sebelumnya menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) itu.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima kunjungan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close