Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dimusuhi Donald Trump, WHO Malah Kebanjiran Dukungan

Jumat, 17 April 2020 – 16:50 WIB
Dimusuhi Donald Trump, WHO Malah Kebanjiran Dukungan - JPNN.COM
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto: who.int

jpnn.com, ROMA - WHO kebanjiran dukungan setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutus pendanaan dan menuding organisasi tersebut bertanggung jawab atas meluasnya wabah virus corona. Salah satu dukungan tersebut datang dari Italia.

Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia Marina Sereni menyuarakan dukungan untuk di bawah naungan PBB dan mengimbau respons internasional yang lebih terkoordinasi terkait pandemi COVID-19.

Sereni membuat pernyataan itu usai konferensi video para menteri luar negeri dalam kelompok Alliance for Multilateralism, yang diselenggarakan oleh Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian dan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Menurutnya WHO sangat penting dalam memerangi pandemi ini dan Italia akan terus mendukung misi organisasi tersebut.

Pandemi coronavirus merenggut 22.170 nyawa di Italia yang memberlakukan karantina wilayah (lockdown), sehingga total kasus, termasuk kematian dan kesembuhan, sejauh ini mencapai 168.941, menurut data terbaru yang dirilis oleh Departemen Perlindungan Sipil Italia pada Kamis.

"Selain kebutuhan untuk menanggapi masalah dalam negeri, kita juga perlu mengambil tindakan di luar perbatasan negara," kata Sereni. "Pandemi ini membutuhkan respons global. Inisiatif ini difokuskan pada penguatan multilateralisme, seiring melemahnya lembaga-lembaganya selama beberapa dekade terakhir."

Komentar Sereni senada dengan para menteri luar negeri dari negara-negara partisipan seperti Kanada, Prancis, dan Jerman, yang juga menyatakan solidaritas dengan WHO. Dalam pernyataan, Maas menyebut organisasi itu merupakan tulang punggung perjuangan melawan pandemi.

Alliance for Multilateralism adalah jaringan informal negara-negara yang menjunjung "tatanan internasional berbasis aturan", dengan tujuan mendukung PBB dan mempromosikan kolaborasi internasional.

WHO kebanjiran dukungan setelah Presiden AS Donald Trump memutus pendanaan dan menuding organisasi tersebut bertanggung jawab atas pandemi virus corona

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close