Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dino Patti Djalal Ungkap Modus Mafia Tanah Mencari Mangsa, Memang Mengerikan

Selasa, 16 Februari 2021 – 07:44 WIB
Dino Patti Djalal Ungkap Modus Mafia Tanah Mencari Mangsa, Memang Mengerikan - JPNN.COM
Dino Patti Djalal. Foto: antaranews.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI  Dino Patti Djalal saat ini sedang berupaya melawan komplotan mafia tanah yang melakukan penggelapan sertifikat tanah milik ibundanya.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Guspardi Gaus ikut menanggapi peristiwa yang dialami ibunda Dino.

Guspardi mengatakan kasus perubahan kepemilikan sertifikat rumah milik orang tua mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, merupakan momentum mengungkap tuntas mafia tanah.

"Pihak kepolisian harus turun tangan mengusut tuntas kasus ini. Tidak sekadar menangkap pelaku, tetapi juga mengungkap aktor atau dalang di balik kasus tanah yang dilaporkan Pak Dino," ujar legislator yang membidangi agraria itu, dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (15/2) malam.

Polisi, kata dia, aktor-aktor di belakang yang terlibat, juga harus mengusut kemungkinan keterlibatan unsur internal Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam kasus itu.

Kasus yang terjadi pada orang tua Dino Pati Djalal itu, menurut Guspardi, adalah preseden buruk bagi Kementerian ATR/BPN, terlebih kasus penyerobotan lahan ini tidak hanya dialami oleh pejabat tinggi, tapi juga rakyat kecil.

"Ini menandakan manajemen di ATR/BPN sangat buruk dan perlu dievaluasi, agar peristiwa ini tidak terjadi lagi," katanya pula.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengingatkan kasus tersebut menjadi salah satu dari banyaknya kasus di sektor pertanahan, selain penyerobotan tanah hingga sertifikat ganda.

Pihaknya mendesak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengambil sikap dan mencari solusi atas sederet permasalahan mengenai sertifikat tanah.

Kasus mafia tanah yang diungkap Dino Patti Djalal harus diusut tuntas, termasuk kemungkinan keterlibatan oknum di BPN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close