Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirjen Bea Cukai Hadiri ASEAN Customs Directors General Ke-31, Ini yang Dibahas

Jumat, 17 Juni 2022 – 20:16 WIB
Dirjen Bea Cukai Hadiri ASEAN Customs Directors General Ke-31, Ini yang Dibahas - JPNN.COM
Dirjen Bea Cukai mengikuti kegiatan ASEAN Customs Directors General ke-31 diselenggarakan di Singapura pada 7 hingga 9 Juni 2022. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, SINGAPURA - Pertemuan Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai se-Asia Tenggara atau ASEAN Customs Directors General ke-31 diselenggarakan di Singapura pada 7 hingga 9 Juni 2022.

Pertemuan berlangsung dengan format hybrid, yakni kombinasi luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan).

Pertemuan ini dipimpin Ho Chee Pong, direktur jenderal Bea Cukai Singapura dan dihadiri 10 negara anggota ASEAN serta Sekretariat ASEAN.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Hatta Wardhana mengungkapkan, pada pertemuan ini, pertukaran langsung Sertifikat Phyto elektronik antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand pada 2022 dinantikan.

“Sertifikat Phyto merupakan ekspor yang menyatakan bahwa suatu komoditas tumbuhan telah diinspeksi oleh pihak yang berwenang dan dinyatakan aman dari hama dan patogen,” ujarnya.

Selain itu, pertemuan ini mendiskusikan pertukaran dokumen elektronik dengan masing-masing Dialogue Partner (DP), yaitu Cina, Jepang, Republik Korea, dan Amerika Serikat.

Selanjutnya, turut dibahas kesepakatan memulai pembahasan kerangka teknis dan hukum guna mempersiapkan pertukaran Surat Keterangan Asal (SKA) elektronik dengan Cina dan Jepang.

Mencermati perkembangan positif tersebut, para Dirjen menantikan pertukaran SKA elektronik dengan DP telah siap.

Dirjen Bea dan Cukai Hadiri Pertemuan ASEAN Customs Directors General Ke-31 di Singapura

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close