Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirjen PDP: Pemuda Ujung Tombak Promosi Desa Wisata

Rabu, 14 Juni 2023 – 22:05 WIB
Dirjen PDP: Pemuda Ujung Tombak Promosi Desa Wisata - JPNN.COM
Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sugito melakukan peresmian Gazebo Bantuan Pengembangan Infrastruktur Amenitas Desa Wisata di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (13/6). Foto: Dok Kemendes PDT

jpnn.com, DELI SERDANG - Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sugito melakukan peresmian Gazebo Bantuan Pengembangan Infrastruktur Amenitas Desa Wisata di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (13/6).

Sugito dalam sambutannya mengatakan pengelolaan desa wisata, membutuhkan kolaborasi.

Desa harus mampu mengkonsolidasi berbagai potensi yang dimiliki warga desa, termasuk potensi yang dimiliki perempuan-perempuan desa, pemuda desa, serta pihak-pihak lain dil luar desa, termasuk mitra pembangunan desa.

“Banyak pemuda desa yang memiliki potensi luar biasa, yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh generasi tua. Pemuda yang merupakan generasi millennial ini, lekat sekali dengan sosial media. Mereka berpotensi menjadi ujung tombak promosi desa wisata, sehingga desa wisata dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia internasional,” kata Sugito.

Sugito menambahkan bahwa pada diri pemuda, generasi millennial desa, tidak jarang juga lahir ide-ide cemerlang dalam rangka pengembangan desa wisata.

Karena itulah, pelibatan pemuda dalam pengelolaan desa wisata, merupakan prasyarat menuju desa wisata mendunia.

Selain itu, Sugito juga mengingatkan bahwa dalam konteks pengembangan destinasi wisata, desa tidak boleh meninggalkan kearifan lokal masing-masing.

Jangan sampai tercabut akar budaya yang ada di desa.

Sugito menambahkan bahwa pada diri pemuda, tidak jarang juga lahir ide-ide cemerlang terkait pengembangan desa wisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close