Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirta Darma Andini si Gadis Tunanetra Juara Mendongeng Tingkat Nasional

Rabu, 30 Oktober 2019 – 00:05 WIB
Dirta Darma Andini si Gadis Tunanetra Juara Mendongeng Tingkat Nasional - JPNN.COM
Dirta Darma Andini, si cantik tunanetra juara mendongeng tingkat nasional. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Dirta Darma Andini, gadis tunanetra asal Bogor memenangi lomba mendongeng tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (BPBP) Kemendikbud. Menariknya, ini merupakan lomba mendongeng pertama yang diikuti Dirta.

Mesya Mohamad - Jakarta

Meski mengalami keterbatasan fisik, gadis cantik berusia 17 tahun ini sangat percaya diri. Saat tampil membawakan dongeng Legenda Keong Emas, anak tunggal ini bisa menirukan berbagai macam suara. Mulai suara hewan hingga manusia.

Yang membuat para undangan terkesima adalah Dirta ternyata memiliki suara yang sangat merdu. Sampai-sampai banyak yang memberikan standing applaus.

"Saya memang suka nyanyi. Saya pernah juara satu menyanyi se-Jawa Barat pada 2017. Bakat nyanyi saya dari buyut," kata Dirta yang ditemui di sela-sela puncak perayaan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2019 Kemendikbud di Jakarta, Senin (28/10).

Dia menceritakan, awal mula ikut lomba mendongeng karena didorong teman-temannya di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Bogor. Saat itu Dirta sering meniru suara teman-temannya maupun guru-gurunya.

Akhirnya Dirta mendaftar dan dibantu guru-gurunya mencarikan tema dongeng. Dari tiga tema yang disodorkan, Dirta lebih enjoy dengan Legenda Keong Emas.

Dia pun belajar (mendengar) dari YouTube maupun TV. Hasilnya tidak sia-sia. Dirta bisa tampil sebagai pemenang pertama tingkat nasional.

Gadis cantik bernama Dirta Darma Andini, meski tunanetra tetapi mampu memenangi lomba mendongeng tingkat nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close