Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirut Ceria Ungkap 2 Faktor Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 05 April 2023 – 13:29 WIB
Dirut Ceria Ungkap 2 Faktor Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik - JPNN.COM
Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama Derian Sakmiwata. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Utama PT. Ceria Nugraha Indotama Derian Sakmiwata mengatakan percepatan ekosistem kendaraan listrik yang menjadi salah satu tujuan hilirisasi sumber daya alam, khususnya nikel, butuh pengawasan dan kemudahan akses permodalan.

Jika dua faktor itu terpenuhi, harapan Presiden Jokowi merealisasikan hilirisasi bisa meluas ke material bauksit dan tembaga.

“Roadmap hilirisasi yang dicanangkan pemerintah hingga sejauh ini sudah berjalan baik, tetapi kami pengusaha masih membutuhkan dukungan pemerintah terutama untuk akses permodalan," kata Derian.

Pengawasan penting di saat keberadaan perusahaan smelter nikel sudah terlampau banyak. Izin dari pemerintah mutlak tak boleh disia-siakan dan tidak menimbulkan permasalahan baru karena berebut bahan baku.

"Pak Presiden telah menyampaikan bahwa program hilirisasi ini direspons baik oleh pengusaha, banyak peminat. Namun, hal ini perlu diawasi agar industri pengolahan nikel tetap kondusif dan persaingannya sehat,” ujar Derian.

Ceria merupakan salah satu smelter di Sulawesi Tenggara yang tengah membangun secara bertahap empat line smelter dengan target total produksi hingga 250 ribu ton fero nikel dengan kandungan nikel 22% di dalamnya.

Ceria menggunakan teknologi smelter Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dengan bentuk tungku persegi (rectangular) yang merupakan teknologi RKEF terkini dan dinilai lebih efisien.

“Dengan sumber daya 17,68 miliar ton dan cadangan 5,2 miliar ton nikel di tanah air, kami berharap potensi ini dapat termanfaatkan dengan baik. Pengawasan terhadap pemanfaatan bahan baku menjadi penting karena penambahan jumlah pemain smelter berimplikasi pada peningkatan kebutuhan bahan baku, jangan sampai hal ini menjadi bumerang seperti yang dikhawatirkan Pak Presiden," tutur Derian.

Percepatan ekosistem kendaraan listrik yang menjadi salah satu tujuan hilirisasi sumber daya alam, khususnya nikel, butuh dua faktor ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close