Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Sampaikan 2 Strategi untuk Capai Komunitas Ekonomi ASEAN

Selasa, 28 Mei 2024 – 16:41 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati Sampaikan 2 Strategi untuk Capai Komunitas Ekonomi ASEAN - JPNN.COM
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan dua Outcome-Based Strategies untuk mendukung penerapan ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation (APAEC) Post-2025 Development pada sesi Leadership Forum di ASCOPE 8th Mid-Year Meeting 2024 di Bali. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BALI - Indonesia melalui Pertamina menegaskan kembali dukungannya untuk mencapai ASEAN Economic Community (AEC) 2045 melalui penerapan ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation (APAEC) Post-2025 Development yang merupakan cetak biru kerja sama energi regional di ASEAN.

Dukungan tersebut dipaparkan langsung Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di perhelatan ASEAN Council on Petroleum (ASCOPE) Mid-Year Task Force Meeting 2024 yang berlangsung di Bali pada 27-30 Mei 2024.

Dirut Pertamina Nicke Widyawati selaku Council Member ASCOPE Indonesia menyampaikan arah strategis APAEC dapat selaras dengan visi komunitas ASEAN 2045 sehingga hasilnya dapat memaksimalkan pembuatan kebijakan yang mendukung implementasi kerja sama energi multilateral ASEAN.

Dari sisi Pertamina, Nicke mengusulkan dua strategi berbasis dampak.

“Pertamina mengusulkan agar area program diperluas yang intinya mencakup keamanan, keterjangkauan, dan keberlanjutan minyak dan gas bumi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pertamina menyajikan dua usulan Outcome-Based Strategies,” kata Nicke pada sesi ASCOPE Leadership Forum.

Dua usulan Outcome-Based Strategies dari Pertamina tersebut, yakni pertama memajukan Konektivitas Jalur Pipa Gas Trans-ASEAN (TAGP).

Indonesia melalui Pertamina mengusulkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas gas atau LNG melalui jaringan pipa fisik dan virtual serta terminal regasifikasi.

“Program Jalur Pipa Gas Trans-ASEAN harus terus dilaksanakan secara berkelanjutan," tegas Nicke.

Ini 2 strategi untuk mencapai komunitas ekonomi ASEAN yang disampaikan Dirut Pertamina NIcke Widyawati pada sesi ASCOPE Leadership Forum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close