Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Disertasi Wamen Ketenagakerjaan Jawab Permasalahan Pekerja Migran Indonesia

Sabtu, 28 September 2024 – 23:43 WIB
Disertasi Wamen Ketenagakerjaan Jawab Permasalahan Pekerja Migran Indonesia - JPNN.COM
Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan RI Dr. Ir. Afriansyah Noor saat ditemui usai mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktor Fisip UNSRI, Sabtu (28/9/2024). Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com - Angka penyerapan tenaga kerja ke luar negeri saat ini masih sedikit, hal ini disebabkan oleh minimnya sumber daya manusia (SDM).

Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan RI Dr. Ir. Afriansyah Noor mengungkapkan bahwa selain minimnya SDM, penyerapan tenaga kerja ke luar negeri sedikit juga disebabkan kurangnya kompetensi dan vokasi.

"Saat ini lebih banyak pekerja migran informal, seperti ART (Asisten Rumah Tangga), sopir dan lainnya," ungkap Afriansyah usai mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktor Fisip UNSRI, Sabtu (28/9).

"Maka perlunya peningkatan SDM dengan pelatihan kemampuan, juga kerjasama dengan pemerintah,"  sambung Afriansyah.

Dari itu kata Adriansyah, perlu pelatihan dibidang pekerjaan formal (punya skill dan kemampuan), seperti manufaktur juga industri yang banyak diperlukan negara penempatan, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong.

"Memilih negara luar untuk penempatan karena di sini memang kurangnya kesempatan bekerja, sementara negara luar minus tenaga kerja, jumlah penduduknya pun minus yang produktif, makanya perlu peningkatan skill di Indonesia termasuk bahasa untuk penyerapan tenaga kerja," kata Afriansyah.

Adriansyah berharap, disertasi program doktornya yang berjudul 'Model Collaborative Government dalam Peningkatan Evaluasi Kerja Imigran Indonesia' dapat menjawab permasalahan tersebut.

"Disertasi ini bisa digunakan pemerintah untuk peningkatan perluasan kesempatan kerja kita keluar negeri, khususnya pekerja migran Indonesia," terang Afriansyah.

Wamenaker RI Dr. Ir. Afriansyah Noor menulis disertasi yang berjudul Model Collaborative Government dalam Peningkatan Evaluasi Kerja Imigran Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA