Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Disnaker Didorong Membuat Pelatihan untuk Pekerja Disabilitas

Selasa, 13 Desember 2022 – 05:36 WIB
Disnaker Didorong Membuat Pelatihan untuk Pekerja Disabilitas - JPNN.COM
Ilustrasi tenaga kerja disabilitas: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) didorong agar bisa menggelar pelatihan kerja khusus untuk penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar saat peringatan Hari Disabiltas Internasional pada 3 Desember lalu.

Menurut Karnain, pelatihan kerja untuk disabilitas bertujuan untuk membangun masyarakat yang inklusif dan sumber daya manusia (SDM) disabilitas yang unggul.

"Kami mendorong Disnaker Kota Bogor melaksanan pelatihan berbasis kompetensi bagi kaum disabilitas," kata Karnain, dalam keterangannya, Senin (12/12).

Karnain menjelaskan, di dalam Perda nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas telah ditekankan pasal yang mengatur jumlah karyawan disabilitas sebanyak tiga persen.

"Dengan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki kaum disabilitas, diharapkan memiliki akses yang sama terhadap dunia usaha dan dunia kerja," tuturnya.

Lebih lanjut, Karnain mengatakan dimensi inklusif bisa dimaknai sebagai keleluasaan akses kaum disabilitas terhadap dunia kerja dan usaha, serta keleluasaan kaum disabilitas memanfaatkan ruang publik.

"Inklusif ini bisa dicerminkan dengan bangunan gedung, jalan, transportasi publik, dan berbagai ruang publik yang ramah kaum disabilitas," jelasnya.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) didorong agar bisa menggelar pelatihan kerja khusus untuk penyandang disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close