Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Disorot ICW, Dikecam WALHI

Rencana Pernikahan Super Mewah Keluarga Ical

Kamis, 24 Juli 2008 – 10:31 WIB
Disorot ICW, Dikecam WALHI - JPNN.COM
JAKARTA — Rencana pernikahan keponakan Menkokesra Aburizal Bakrie, Adinda Bakrie mendapat sorotan tajam dari Indonesian Corruption Watch. Dalam pernyataan resminya, LSM tersebut meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memantau pernikahan yang kabarnya akan menghabiskan anggaran miliaran rupiah tersebut.

     ICW menegaskan, tidak membuka kemungkinan, akan indikasi gratifikasi kepada Menko Kesra yang ’’diselipkan’’ di antara kado pernikahan sang keponakan tersebut.

     ’’Kami khawatir, jangan-jangan ada bantuan yang berkaitan dengan Ical (panggilan akrab Aburizal Bakrie). Siapa tahu nanti ada kaitannya dengan dana gratifikasi, tinggal bagaimana KPK melihat hal itu,’’ kata Anggota Badan Pekerja ICW Emerson Yunto.

     Emerson menilai selama ini ICW sempat menemukan informasi bahwa ada rekanan pejabat yang akan memberikan ’’dana siluman’’ melalui hajatan atau kala proses pernikahan. Dan penyumbang itu jelas-jelas bukan kerabat atau teman baik Ical’’Penyiasatan seperti itu untuk menghindari penegak hukum, lewat biaya pernikahan. Dan itu bisa terjadi, proses gratifikasi terselubung,’’ jelasnya.

     Di tempat terpisah, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) memprotes rencana pernikahan Adinda yang kabarnya digelar secara mewah dengan dana dua digit miliar rupiah. Pernikahan putri Indra Bakrie, mantan pemilik saham terbesar PT Lapindo Brantas itu dinilai ironis karena digelar di tengah penderitaan korban lumpur.

     Protes keras itu disampaikan belasan aktivis Walhi dengan menggelar aksi di depan Kantor Menko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.Walhi menyebut Lapindo tidak punya perhatian terhadap anak dan korban lumpur Lapindo. ’’Pernikahan itu kabarnya menghabiskan dana sekitar dua digit dalam miliar rupiah. Sementara ribuan orang menghirup gas methane di Sidoarjo,’’ ujar koordinator aksi, M Teguh Surya di sela-sela aksinya.

     Rencana pernikahan Adinda Bakrie memang menjadi pergunjingan hangat belakangan ini. Dikabarkan di sejumlah milis, Keluarga besar Bakrie akan mendatangkan Sting (The Police) atau Il Divo untuk memeriahkan pesta perkawinan tersebut. Pernikahan Adinda akan digelar di Hotel Sahid Jakarta pada 25 Juli 2008 besok. (zul)

JAKARTA — Rencana pernikahan keponakan Menkokesra Aburizal Bakrie, Adinda Bakrie mendapat sorotan tajam dari Indonesian Corruption Watch. Dalam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close