Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditemukan 6000 Pemilih Ganda, DPT Jakbar Bermasalah

Rabu, 30 Mei 2012 – 09:54 WIB
Ditemukan 6000 Pemilih Ganda, DPT Jakbar Bermasalah - JPNN.COM
DAFTAR Pemilih Tetap (DPT) hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Barat, Jumat (26/5) lalu dikembalikan oleh KPU Provinsi DKI. Pasalnya, banyak ditemukan pemilih ganda dalam DPT tersebut. “DPT Jakbar dikembalikan karena ada beberapa item yang bermasalah,” kata Junaidi, Ketua Pokda Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kota Jakarta Barat, Selasa (29/5).

Junaidi mengemukakan, KPU Provinsi DKI mengembalikan DPT Jakarta Barat sehari setelah dilakukan rapat pleno penentuan DPT Jakarta Barat. Selanjutnya, KPU langsung melakukan verifikasi DPT 56 kelurahan. Setelah dilakukan verifikasi, KPU menemukan sedikitnya 6000 pemilih ganda, baik itu nama maupun Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam draft DPT. “Setelah kami kroscek kembali masih ada NIK dan nama ganda,” katanya.

Tentunya, dari berubahnya DPT, tersirat verifikasi yang dilakukan oleh PPS dan PPK Kota Jakarta Barat belakangan ini tidak sesuai dengan fakta yang ada. Bisa jadi, petugas tersebut tidak melakukan verifikasi atau ada indikasi permainan suara dalam pemasukan DPT. Namun, Junaidi tidak mau membahas masalah tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Panwaslu Kota Jakarta Barat. “Besok kami akan rapatkan dengan panwaslu,” paparnya.

Fenomana berubahnya jumlah pemilih di lingkungan Jakarta Barat memang bukan hal baru. Sebelumnya, ada indikasi ada suara fiktif dalam DPT. Bahkan, dari hasil survei, Pusat Pergerakan Pemuda Indonesia (P3I), sekitar 15-20 persen Daftar Pemilih Sementara (DPS) merupakan pemilih fiktif. Ini terbukti setelah ditemukan 18 ribu daftar pemilih ganda dari 56 kelurahan saat verifikasi DP4.

DAFTAR Pemilih Tetap (DPT) hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Barat, Jumat (26/5) lalu dikembalikan oleh KPU Provinsi DKI. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA