Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditemukan Struktur Diduga Bangunan Candi, Konon Permukiman Umat Budha

Senin, 14 Desember 2020 – 00:22 WIB
Ditemukan Struktur Diduga Bangunan Candi, Konon Permukiman Umat Budha - JPNN.COM
Bangunan yang diduga candi hasil ekskavasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. Foto: ANTARA/Ho TACB Indramayu

jpnn.com, INDRAMAYU - Sebuah struktur yang diduga kuat merupakan bangunan candi ditemukan di Desa Sambimaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Kami berhasil menemukan 21 susunan lapisan bata merah dan menemukan sudut bangunan yang diduga candi," kata Ketua Tim Penelitian Dan Penyelamatan Situs Dingkel Indramayu Soni Prasetiya Wibawa melalui keterangan tertulisnya, Minggu (13/12).

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten saat itu tengah melakukan ekskavasi terhadap temuan struktur bata di Desa Sambimaya.

Soni mengatakan, tim juga menemukan lantai bangunan dan fragmen atau pecahan stupa yang berbahan bata merah.

Tidak hanya itu, ada beberapa temuan lainnya seperti pecahan keramik Eropa, fragmen tepian gerabah dan arang.

"Temuan di situs Dingkel ini sangat menarik bagi tim," katanya.

Arkeolog senior sekaligus ahli candi Indonesia Prof Dr Agus Aris Munandar menyatakan, situs Dingkel ini merupakan sebuah kawasan atau kompleks permukiman umat Budha pada masa itu.

Melihat dari hasil temuannya, Agus tidak menampik situs ini memiliki kesamaan dengan situs Batujaya di Karawang dan situs Muaro Jambi di Jambi.

Sebuah struktur yang diduga kuat merupakan bangunan candi serta beberapa lantai bangunan dan fragmen atau pecahan stupa yang berbahan bata merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close