Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditjen Bina Pemdes - BPI Kemendes Bahas Kerja Sama Penyelenggaraan Pemerintahan & Pembangunan Desa

Kamis, 04 Mei 2023 – 11:25 WIB
Ditjen Bina Pemdes - BPI Kemendes Bahas Kerja Sama Penyelenggaraan Pemerintahan & Pembangunan Desa - JPNN.COM
Audiensi Ditjen Bina Pemdes Kemendagri bersama Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Ivanovich Agusta, pada Rabu (3/5). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mendukung usulan kerja sama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

Eko Prasentyanto menyatakan hal tersebut saat audiensi dengan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Ivanovich Agusta, pada Rabu (3/5 di Ruang Nawasena, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Jakarta.

Pertemuan tersebut membahas pelaksanaan kerja sama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

"Di antaranya ada beberapa usulan dari Kemendes seperti pembuatan serial video pelatihan, SDGS, dan webinar, juga termasuk integrasi data aplikasi antar-lembaga untuk menyatukan persepsi dalam membangun desa," ungkap Eko dalam siaran pers Ditjen Bina Pemdes, Kamis (4/5).

Selain itu, terdapat beberapa hal tambahan terkait kebijakan satu peta dan satu data, pembuatan modul secara bersama, integrasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan SDGS terkait pengelolaan keuangan desa.

Selain itu juga pelatihan dan lelang program P3PD yang saling melibatkan, pengaturan tata ruang dan wilayah pedesaan serta saling mengontrol tugas dan fungsi masing-masing secara bersama-sama.

"Dari hasil audiensi ini kita mendapatkan banyak usulan untuk bahan kerjasama, pertama untuk pelatihan dapat saling berintegrasi dalam hal substansi Materi, webinar secara bersama-sama yang akan di atur secara teknis pelaksanaanya," ujar Eko.

Kepala BPI Kemendes Ivanovich Agusta, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen Bina Pemdes beserta jajarannya atas penerimaan kunjungan yang dilakukan, sehingga koordinasi terkait kerjasama berjalan baik dan lancar dalam upaya mendukung langkah koordinasi Kemendagri dan Kemendes dalam hal pembangunan desa dan tata ruang wilayah desa.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri bertemu Kepala BPI Kemendes membahas kerja sama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close