Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditjen Hortikultura Kementan Kucurkan Bantuan Demi Menggenjot Produksi Bawang Putih

Minggu, 27 Juni 2021 – 11:08 WIB
Ditjen Hortikultura Kementan Kucurkan Bantuan Demi Menggenjot Produksi Bawang Putih - JPNN.COM
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menyerahkan bantuan kepada petani bawang putih di Lumajang, Jatim, Kamis (24/6). Foto: dokumentasi Ditjen Hortikultura

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) kini tengah fokus meningkatkan kawasan pertanaman bawang putih di sejumlah daerah.

Mewakili Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto meninjau penanaman bawang putih di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Kementan di bawah komando Mentan SYL kini memiliki langkah strategis dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi bawang putih secara nasional, sekaligus sebagai substitusi impor yang cenderung menurun setiap tahunnya.

Pada kunjungan kerjanya, jajaran Kementan memberikan bantuan APBN berupa 2 unit kendaraan roda 3, benih bawang putih, pupuk hayati cair dan mulsa untuk 20 hektare senilai Rp. 320 Juta kepada kelompok tani Kayu Manis yang diketuai Bapak Anto.

Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto optimistis program perluasan pertanaman bawang putih ini bakal menjadi pengungkit kesejahteraan petani.

Doktor Ilmu Tanah dari Universitas Putra Malaysia (UPM) itu tak menampik jika ke depan bawang putih lokal akan lebih disukai dibandingkan produk impor.

"Insyaallah, semoga ini nanti jadi cikal bakal bangkitnya bawang putih lokal di Lumajang. Saya yakin bawang putih kita memiliki khas tersendiri yaitu wangi yang lebih tajam dan rasa lebih pedas," ucap Prihasto, Kamis (24/6).

Tahun 2021 ini, seluas 20 hektar bawang putih terkonsentrasi di dua desa yang menjadi sentra. Sebagai program unggulan Ditjen Hortikultura, diharapkan tiap daerah dari Sabang sampai Merauke akan terkenal dengan komoditas unggulannya masing-masing.

Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto meninjau penanaman bawang putih di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close