Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Lakukan Pengujian Sarana LRT Jakarta

Rabu, 27 Februari 2019 – 04:07 WIB
Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Lakukan Pengujian Sarana LRT Jakarta - JPNN.COM
Pembangunan LRT di Jakarta yang dikerjakan Jakpro. Foto: Dok. JawaPos

jpnn.com, JAKARTA - Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta dengan rute Kelapa Gading - Velodrome ditargetkan akan segera beroperasi pada Maret 2019.

Ditjen Perkeretaapian Kemenhub telah melakukan pengujian sarana LRT Jakarta terhadap delapan trainset (16 sarana/kereta) yang akan dioperasikan.

Dari delapan trainset tersebut, empat trainset telah terbit sertifikat pengujian oleh Ditjen Perkeretaapian dan empat trainset lainnya dalam proses penerbitan.

Berdasarkan timeline dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, pada 4 Maret 2019 Ditjen Perkeretaapian akan melakukan safety assesment atau penilaian aspek keselamatan tahap dua.

Lalu pada 11 Maret 2019, PT Jakarta Propertindo selaku pelaksana proyek melakukan proses izin usaha, izin operasi, PSO, penetapan tarif, dan permohonan operasi ke Gubernur DKI Jakarta.

Jika proses tersebut berjalan lancar, maka LRT sudah bisa dioperasikan secara komersil pada 18 Maret 2019.

"Tidak ada kendala lain. Jadi kami tunggu konstruksi berkaitan dengan signal dan depo selesai,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa hari lalu.

Terkait tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome nantinya akan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan timeline dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, pada 4 Maret 2019 Ditjen Perkeretaapian akan melakukan safety assesment atau penilaian aspek keselamatan tahap dua pada proyek LRT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close