Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ditlantas Polda Metro Siapkan Skema Atasi Kemacetan Arus Balik, Termasuk Gratiskan Tol

Jumat, 30 Oktober 2020 – 14:33 WIB
Ditlantas Polda Metro Siapkan Skema Atasi Kemacetan Arus Balik, Termasuk Gratiskan Tol - JPNN.COM
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik libur panjang terjadi pada 31 Oktober dan 1 November.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, mengantisipasi kemacetan panjang, pihanya menyiapkan beberapa skema, mulai dari contraflow hingga tol gratis.

Oleh karena itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dan pengelolah jalan tol.

"Kami akan berjaga tentu akan berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk memantau apakah sudah ada peningkatan jumlah arus yang masuk di Gerbang Tol Cikampek utama dan Tol Kalihurip Utama," ungkap Sambodo kepada wartawan di GT Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (30/10).

Lebih janjut, Sambodo mengatakan adapun skema yang disiapkan untuk mencegah terjadinya kemacetan, di antaranya dengan menerapkan contraflow.

Namun jika skema contraflow masih merasa kurang, pihaknya juga akan melaksanakan sistem oneway. Termasuk meminta kepada pengelola jalan tol untuk menambahkan trider.

"Kami juga sudah menyampaikan ke pihak pengelola jalan tol untuk menambahkan trider," katanya.

Namun, sambung Sambodo, jika tetap terjadi kemacetan sampai dengan 1 kilometer, pihaknya meminta agar tidak ada pembayaran tol.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik libur panjang terjadi pada 31 Oktober dan 1 November mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close