Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DKI Jakarta Perketat PSBB, Kemensos Fokus Distribusikan Bansos yang Sedang Berjalan

Jumat, 11 September 2020 – 19:56 WIB
DKI Jakarta Perketat PSBB, Kemensos Fokus Distribusikan Bansos yang Sedang Berjalan - JPNN.COM
Menteri Sosial Juliari P Batubara saat menyalurkan bansos. Foto Humas Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) belum akan mengambil kebijakan tertentu terkait kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat.

Kemensos masih fokus pada bantuan sosial (bansos) yang sudah berjalan, termasuk bansos sembako di DKI Jakarta dan Botabek.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan yang perlu diklarifikasi adalah PSBB di DKI Jakarta berlaku dan belum dicabut.

“Jadi masih PSBB. Dan yang memutuskan penetapan status PSBB kan Kementerian Kesehatan. Untuk itu, Kementerian Sosial masih fokus pada bantuan sosial yang sudah berjalan termasuk bansos sembako di DKI Jakarta dan Botabek yang berjalan sampai Desember 2020,” kata Mensos Juliari menjawab pertanyaan media di Jakarta (11/9).

Juliari mengatakan jika ekspektasinya adalah perlunya tambahan bansos sejalan dengan pengetatan PSBB, maka itu bukan keputusan yang mudah karena memerlukan kajian mendalam.

Menurutnya, aspek penting yang perlu dikalkulasi terkait hal tersebut adalah penentuan target bantuan dan juga kesiapan anggaran. Dua aspek itu membutuhkan telaah mendalam dan koordinasi.

“Jadi ini tidak bisa mendadak. Kementerian Sosial bersikap menunggu arahan Presiden Joko Widodo. Kalau opsinya adalah menambah bansos, kami siap saja. Prinsipnya Kementerian Sosial siap melaksanakan arahan Presiden,” kata Juliari.

Dia memastikan bakal ada langkah-langkah koordinasi dengan Pemprov DKI bila memang presiden memerintahkan penguatan program jaring pengaman sosial (JPS).

Kemensos belum berencana menambah bansos untuk DKI meski ada penerapan PSBB secara ketat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close