Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter Agus Imbau Seluruh WNI dari Tiongkok Diam di Rumah Minimal 14 Hari

Senin, 03 Februari 2020 – 09:02 WIB
Dokter Agus Imbau Seluruh WNI dari Tiongkok Diam di Rumah Minimal 14 Hari - JPNN.COM
Tenaga medis di rumah sakit di Wuhan, China yang memakai perlengkapan khusus saat melayani pasien virus corona. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh WNI yang kembali ke Tanah Air baik dari Wuhan maupun wilayah lainnya di Tiongkok disarankan untuk mengisolasi diri di dalam rumah minimal 14 hari.

"Masa isolasi diri di rumah adalah mininal 14 hari," kata Ketua Pengurus Harian PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) Dr. dr. Agus Dwi Susanto kepada ANTARA di Jakarta, Minggu (2/2).

Dia menjelaskan, proses isolasi perlu dilakukan guna memperhitungkan masa inkubasi, jika ada kemungkinan paparan virus corona terhadap salah satu penumpang.

Selain WNI dari Wuhan, WNI lain yang kembali dari Tiongkok juga perlu mengikuti semua ketentuan khusus yang perlu dijalankan untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan.

Ketentuan-ketentuan khusus tersebut antara lain perlunya pencatatan manifes semua penumpang yang datang dari Tiongkok dengan pesawat ke Indonesia.

Semua penumpang dan kru di dalam pesawat itu juga perlu memakai masker bedah selama di dalam pesawat.

Dokter Agus mengatakan, mereka yang mengalami demam dan flu perlu dipisahkan dari penumpang lain yang tidak mengalami gejala tersebut.

Setibanya di Indonesia, mereka yang terkena flu dan demam perlu menjalani isolasi dan penanganan di rumah sakit rujukan.

Cegah penyebaran virus corona, seluruh WNI yang baru pulang dari Tiongkok diimbau untuk mengisolasi diri di dalam rumah minimal 14 hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close