Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter: Cacar Monyet Bisa Dicegah dengan Pola Hidup Sehat dan Imunitas

Kamis, 12 September 2024 – 17:38 WIB
Dokter: Cacar Monyet Bisa Dicegah dengan Pola Hidup Sehat dan Imunitas - JPNN.COM
Penyakit cacar monyet. Ilustrasi: ROGER HARRIS / SCIENCE PHOTO LIBRARY)

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Atika Damayanti mengatakan imunitas tubuh yang baik dan menjaga pola hidup sehat bisa menghindarkan seseorang dari cacar monyet (Mpox).

Dokter yang berpraktik di RSUD Budhi Asih DKI Jakarta itu menjelaskan penyakit yang timbul akibat virus seperti Mpox umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, terlebih jika imunitas tubuhnya baik.

"Sebenarnya secara umum penyakit virus ini self-limiting (bisa sembuh dengan sendirinya). Misalnya Covid-19, cacar dan lain-lain, kalau imun kita bagus, enggak usah khawatir," kata
Atika dalam diskusi daring yang digelar Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis.

Mpox juga seperti itu. "Dia bisa 'self-limiting disease'. Mpox juga sebenarnya 'fatality'-nya nggak tinggi," katanya.

Karena itu, vaksin Mpox juga masih terbatas untuk kelompok tertentu. Misalnya, tenaga medis, lelaki yang memiliki riwayat seksual sesama jenis hingga penderita HIV.

Kendati demikian, Atikah mengimbau agar masyarakat bisa melindungi serta deteksi dini agar penyakit tersebut dapat segera ditangani dengan baik.

Apabila mengalami demam 1-3 hari, diikuti timbulnya kelainan kulit seperti bercak kemerahan. Lalu timbul lenting yang lama-lama berubah menjadi nanah dan akhirnya berubah menjadi koreng, maka masyarakat perlu segera memeriksakan diri.

Atika juga mengatakan timbulnya kelainan kulit pada penderita Mpox tak secepat penderita cacar atau campak. Dia juga mengingatkan, dari fase gejala hingga dua minggu, penyakit tersebut perlu diwaspadai karena masih menular.

Iminutas yang baik serta pola hidup sehat dapat mencegah penyebaran cacar monyet.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA