Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RSHS Bandung Ternyata Pernah Merawat 2 Pasien Positif Mpox pada 2023, Keduanya Sembuh Total

Kamis, 05 September 2024 – 16:29 WIB
RSHS Bandung Ternyata Pernah Merawat 2 Pasien Positif Mpox pada 2023, Keduanya Sembuh Total - JPNN.COM
Ahli Dermatologi Umum RS Hasan Sadikin Bandung Prof Hendra Gunawan saat memberi penjelasan soal virus Mpox di RS Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (5/9/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pernah merawat dua pasien terkonfirmasi positif terjangkit virus Mpox atau cacar monyet pada tahun 2023.

Tahun ini, rumah sakit milik Provinsi Jawa Barat itu belum menerima adanya rujukan pasien dengan suspek Mpox.

Ahli Dermatologi Umum RSHS Bandung Prof Hendra Gunawan mengatakan, tahun lalu pihaknya menerima empat orang pasien suspek virus Mpox. Setelah dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur, hasilnya dua orang positif Mpox dan dua lagi negatif.

"Di tahun sebelumnya ada empat pasien yang diperiksa dengan dua yang terkonfirmasi positif. Beberapa pasien diduga Mpox yang dirujuk dari beberapa rumah sakit itu ada beberapa, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan ternyata bukan Mpox,” kata Hendra ditemui di RS Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (5/9/2024).

Dua orang pasien positif Mpox itu pun kini sudah sembuh total setelah dilakukan pengobatan dan isolasi di ruangan khusus.

“Terkonfirmasi sembuh total. Yang satu dilakukan perawatan di sini karena itu merupakan kasus pertama kami, yang satu diisolasi mandiri tetapi kami terus follow up melakukan observasi ketat sampai tadi keropengnya lepas dan dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Hendra menerangkan, penularan virus Mpox bisa terjadi melalui kontak langsung kulit dengan kulit pasien positif cacar monyet, melalui bendara yang tercemar virus, dan juga droplet atau udara.

Di tengah peningkatan kasus yang terjadi, Hendra meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir. Masyarakat juga diminta tetap menerapkan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dan menghindari keramaian.

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pernah merawat dua pasien terkonfirmasi virus Mpox atau cacar monyet pada 2023. Keduanya sembuh total.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA