Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter Spesialis Bantah Anggapan Keliru Vaksin Moderna dan Autoimun

Senin, 30 Agustus 2021 – 12:04 WIB
Dokter Spesialis Bantah Anggapan Keliru Vaksin Moderna dan Autoimun - JPNN.COM
Ilustrasi - Tim Satgas Covid-19 DKI Jakarta menempelkan stiker di rumah yang penguninya sudah divaksinasi di kawasan RW 05 Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (13/8/2021). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam Aru Wisaksono Sudoyo menyebut keliru anggapan yang menyebut hanya vaksin COVID-19 merek Moderna yang aman untuk orang dengan autoimun.

Aru Wicaksono merupakan dokter spesialis penyakit dalam subspesialisasi hematologi dan onkologi medik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"Tidak benar hanya Moderna yang bisa untuk autoimun," ujar dokter Aru dalam sebuah virtual media briefing mengenai kanker paru, belum lama ini.

Aru yang menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) itu menyatakan semua vaksin COVID-19 bisa diberikan pada mereka yang mengalami autoimun.

Namun, tergantung pada sejumlah hal, seperti status penyakitnya apakah terkontrol atau tidak, pengobatannya dan kajian dari dokter masing-masing.

Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi saat sistem kekebalan menyerang organ-organ tubuh sendiri.

Sistem kekebalan tubuh biasanya dapat membedakan antara sel asing dan sel sendiri.

Namun, pada mereka dengan autoimun sistem kekebalan salah mengira bagian tubuh, lalu melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel sehat.

Dokter spesialis penyakit dalam membantah anggapan keliru soal vaksin Moderna dan orang dengan autoimun.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close