Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dokter Timnas Bagikan Tips Tetap Bugar selama Puasa Ramadan

Sabtu, 25 April 2020 – 22:40 WIB
Dokter Timnas Bagikan Tips Tetap Bugar selama Puasa Ramadan - JPNN.COM
Dokter Timnas Syarif Alwi (kiri). Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi kembali memberikan tips-tipsnya untuk para pesepak bola dan juga fan agar tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa. Salah satunya, tentang kebutuhan asupan manis untuk tubuh dan jumlah cairan yang harus diminum secara ideal setiap harinya.

Pria berkacamata itu menjelaskan, bahwa setiap harinya, memang tidak salah meminum dua liter cairan. Namun, yang perlu diingat, lanjut Syarif, bahwa kebutuhan cairan setiap orang itu bisa disesuaikan dengan berat badan

"Minum air yang cukup. Kebutuhan manusia itu ialah 40 cc per kilogram berat badan per hari. kalau 50 Kilogram berat badannya, ya kebutuhannya dua liter lebih," tuturnya.

Untuk menyiasati kebutuhan minum yang tak mungkin dipenuhi dalam sekali teguk, Syarif menyebut bisa dicoba dari waktu berbuka dengan minum secukupnya, kemudian dilanjutkan dengan setelah tarawih. Waktu sedang bersantai atau mengaji setelah salat tarawih, juga bisa dilanjutkan minumnya, sampai dengan waktu sebelum tidur. Terakhir, asupan dicukupi saat waktu sahur tiba.

Selain cairan, makanan yang manis-manis juga harus dipenuhi. Hanya, dia menyarankan bukan manis dari gula, tetapi dari buah-buahan. Kalau disunahkan makan yang manis-manis saat berbuka, dia meminta usahakan itu berasal dari buah-buahan.

"Harus diingat, proteinnya 15 persen, karbo kaya serat 50-60 persen, lemaknya 30 persen," tutup Syarif. (dkk/jpnn)

Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi kembali memberikan tips-tipsnya untuk para pesepak bola dan juga fan agar tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa

Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close