Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Budidaya Kopi Berkelanjutan di Indonesia, Tokopedia & PMO Kopi Nusantara Bersinergi

Senin, 26 Agustus 2024 – 11:25 WIB
Dorong Budidaya Kopi Berkelanjutan di Indonesia, Tokopedia & PMO Kopi Nusantara Bersinergi - JPNN.COM
Tokopedia berkolaborasi dengan Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara Kementerian BUMN untuk mendorong budidaya kopi berkelanjutan dan meningkatkan pemasaran produk kopi spesial di Indonesia. Foto dok PTPN

jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia berkolaborasi dengan Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara Kementerian BUMN untuk mendorong budidaya kopi berkelanjutan dan meningkatkan pemasaran produk kopi spesial di Indonesia.

Kolaborasi Tokopedia dan PMO Kopi Nusantara ini difokuskan pada pemilihan lokasi di mana Tokopedia bisa menemukan hidden gems baru dari produsen kopi berkualitas di Indonesia.

Saat ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan SCOPI dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang pengolahan pascapanen dan peningkatan mutu biji kopi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan yang telah dilakukan pada Juni lalu, dan akan direplikasi ke beberapa daerah.

PMO Kopi Nusantara akan mengoordinasikan dukungan holistik bagi petani dalam ekosistem yang didukung oleh Tokopedia, termasuk rekomendasi dan akses terhadap agro-input, pembiayaan, teknik budidaya, dan saluran pemasaran.

Pemangku kepentingan utama seperti PTPN, BRI, BNI, Pupuk Indonesia, Perhutani, Puslitkoka, SCOPI, SCAI, Surveyor Indonesia, ID FOOD dan pihak lainnya akan menjadi mitra penting dalam upaya ini.

"Kolaborasi ini dilakukan agar kopi Indonesia selalu memiliki cita rasa tinggi dengan kualitas level premium," ujar Melissa Siska Juminta, President Director Tokopedia and TikTok E-commerce, dalam sambutannya di acara Festival Beli Lokal.

"Fokus kami juga banyak kepada training petani-petani dan membantu memasarkan produk mereka melalui Tokopedia dan Shop Tokopedia agar produk mereka semakin lama semakin terkenal dan inovasinya semakin banyak," tuturnya.

Di sisi pemasaran, Tokopedia akan melakukan kurasi dan memberikan pendampingan kepada petani, kelompok tani, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), dan UMKM dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk memasarkan produk mereka secara online. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan kopi spesial Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

Tokopedia telah bekerja sama dengan SCOPI dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang pengolahan pascapanen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA