Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Daya Saing Produk Lokal di Kaltara, Kominfo Gelar Festival Karya Kreatif Benuanta

Selasa, 22 Agustus 2023 – 03:31 WIB
Dorong Daya Saing Produk Lokal di Kaltara, Kominfo Gelar Festival Karya Kreatif Benuanta - JPNN.COM
Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan, Kalimantan Utara. Foto dok Kominfo

jpnn.com, TARAKAN - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Bank Indonesia menggelar Festival Karya Kreatif Benuanta di Tarakan, Kalimantan Utara.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI) 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam video  keynote speech-nya menyampaikan sejak peluncuran Gernas BBI telah tercapai sekitar 22,68 juta onboarding UMKM per Juni 2023.

“Gernas BBI juga berhasil mendorong peningkatan belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN). Melalui sistem pengadaan e-katalog maka UMKM/IKM/Artisan lokal memiliki peluang untuk mendapatkan pasar pemerintah,” jelas Luhut.

Dalam melancarkan program Gernas BBI dan BBWI, Kemkominfo bergerak bersama Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan.

Kolaborasi tersebut diharapkan menciptakan dampak multiplikasi ekonomi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan industri baru berbasis UMKM/IKM/Artisan di daerah. Di mana, 95% dari anggaran belanja Pemerintah Pusat dan Daerah pada 2023 ditujukan untuk PDN.

“Kolaborasi ini kami lakukan bersama dengan Pemprov Kaltara, BI Perwakilan Kaltara, BPJPH serta LPPOM MUI salah satunya melalui Forum Digitalk pada Maret 2023 dan yang baru saja diselenggarakan kemarin (19/8) di Hotel Tarakan Plaza,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Usman Kansong.

Usman menjelaskan pada 2023, Kemkominfo berkomitmen untuk bersinergi melakukan pendampingan dalam hal Online Single Submission (OSS), yang dapat mempermudah pelaku UMKM Kalimantan Utara untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus Sertifikasi Halal.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI) 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close